Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Indonesia dan Slowakia Jajaki Peningkatan Kerjasama di Bidang Perdagangan dan Pertahanan

JAKARTA, HOLOPIS.COM Negara Indonesia dan Slowakia menjajaki kemungkinan adanya peningkatan hubungan bilateral di berbagai bidang yang selama ini sudah berjalan.

Rencana tersebut mengemuka saat pertemuan Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) RI Mahendra Siregar dengan Wamenlu Slowakia, Martin Klus, Jumat (21/4) lalu.

“Terdapat potensi peningkatan nilai perdagangan dan investasi, penguatan hubungan people-to-people, serta kerja sama riset dan inovasi yang saling menguntungkan kedua negara,” kata Mahendra.

Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) RI Mahendra Siregar dengan Wamenlu Slowakia, Martin Klus
Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) RI Mahendra Siregar dengan Wamenlu Slowakia, Martin Klus melakukan pertemuan di kantor Kemlu, Jakarta. Gambar: Kemlu.

Rencana kerjasama mulai dari bidang perdagangan dan investasi, industri pertahanan, hubungan people-to-people serta energi, pendidikan serta riset dan inovasi pun terbuka luas untuk kerjasama kedua negara.

Selain itu, dalam pertemuan yang berlangsung di kantor Kemenlu tersebut, kedua diplomat senior juga bertukar pandangan dalam berbagai isu yang menjadi perhatian bersama, di antaranya Presidensi Indonesia di G20, ASEAN unity and centrality, kerja sama Indo-Pasifik, green transition, pemulihan ekonomi global serta ketegangan geopolitik di Eropa saat ini.

​“Slowakia memandang Indonesia sebagai mitra strategis di kawasan Asia Tenggara dan memiliki kesamaan nilai dan pandangan atas isu demokrasi, toleransi, lingkungan, maupun peran pemuda,” kata Wamenlu Martin Klus.

Pada kesempatan pertemuan, Mahendra menyampaikan penghargaan atas fasilitasi Pemeritah Slowakia pada jalur evakuasi WNI dari Kyiv dan relokasi sementara KBRI Kyiv di kota Kosice Slowakia.

“Kami sangat mengapresiasi atas dukungan Slowakia pada Presidensi G20 Indonesia dan tekankan pentingnya menjaga relevansi G20 dalam percepatan pemulihan ekonomi global pasca pandemi,” tuturnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Donald Trump Akan Salahkan Rakyat Yahudi Jika Ia Kalah Pilpres AS 2024

Mantan Presiden Amerika Serikat yang juga sekaligus kandidat Presiden dari Partai Republik Donald Trump mengatakan bahwa pemilih Yahudi – Ameirka Serikat akan ikut disalahkan jika ia tidak berhasil memenangkan pemilu 5 November mendatang.

China Kembali Dihantam Topan, Ratusan Ribu Orang Dievakuasi

Jalanan di lingkungan kota Shanghai China kembali dihadapi topan kedua dalam seminggu. Curah hujan yang terjadi di negara tirai bambu tersebut telah memecahkan rekor lokal di beberapa bagian kota.

PBB : Israel Langgar Perjanjian Global Tentang Hak Anak

Komite Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menuding Israel telah melakukan pelanggaran yang berat, yaitu melanggar perjanjian global tentang melindungi hak anak-anak.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru