JAKARTA, HOLOPIS.COMPemerintah Arab saudi akhirnya telah resmi memberikan kuota haji untuk jamaah dari negara Indonesia sekitar seratus ribu orang.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, pihaknya sudah mendapatkan kepastian mengenai kuota haji yang diberikan Indonesia untuk keberangkatan tahun 2022 ini.

“Setelah dua tahun, kita tidak memberangkatkan jemaah haji karena Covid-19, alhamdulillah atas ikhtiar dan doa kita semua, di tahun ini kita akan kembali memberangkatkan jemaah haji dengan kuota 100.051 jemaah dan 1.901 petugas,” kata Yaqut, (19/4).

Yaqut kemudian mengatakan, bahwa pemerintah akan segera memberangkatkan kloter pertama kuota haji tersebut dalam waktu dekat.

“Insya Allah akan kita berangkatkan kloter pertama tanggal 4 Juni 2022,” imbuhnya.

Sebelumnya pemerintah Arab Saudi juga telah mengeluarkan aturan resmi terkait dengan penyelenggaran haji 1443 H yang telah resmi kembali dibuka.

Dimana akan ada sekitar 1 juta jemaah dari berbagai negara, termasuk Indonesia yang akan difilter dengan beberapa aturan tertentu.

Aturan tersebut salah satunya adalah haji tahun ini terbuka untuk mereka yang berusia di bawah 65 tahun dan telah menerima vaksinasi lengkap Covid-19 yang disetujui Kementerian Kesehatan Saudi.

Kedua, jemaah yang berasal dari luar Saudi wajib menyerahkan hasil tes PCR negatif Covid-19 yang dilakukan dalam waktu 72 jam sebelum keberangkatan ke Arab Saudi.