JAKARTA, HOLOPIS.COM Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan, bahwa sebanyak 100.051 jemaah haji siap berangkat ke Tanah Suci tahun ini.

Kabar gembira itu disampaikan Menag saat malam Peringatan Nuzulul Quran di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Selasa (19/4).

“Setelah dua tahun kita tak berangkatkan haji karena Covid-19, Alhamdulillah berkat ikhtiar kita semua di tahun ini kita berangkatkan kembali jemaah haji dengan kuota 100.051 jemaah dan 1.901 petugas,” kata Yaqut.

Pria yang akrab disapa Gus Menteri itu mengatakan, para jemaah haji kloter pertama akan diberangkatkan pada 4 Juni 2022 mendatang.

Sebelumnya, pemerintah Arab Saudi mengumumkan telah mengizinkan satu juta orang dari seluruh negara di belahan dunia untuk menunaikan ibadah haji tahun ini.

Mendengar kabar tersebut, Pemerintah dan DPR langsung bergegas menetapkan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) tahun 2022 sebesar Rp39,8 juta per calon jemaah.

Mengingat kondisi dunia yang masih dalam masa pandemi Covid-19, pemerintah Arab Saudi menetapkan sejumlah syarat bagi para jemaah haji.

Syarat tersebut di antaranya yakni, ibadah haji hanya diperbolehkan bagi mereka yang berusia di bawah 65 tahun dan telah menerima vaksinasi lengkap Covid-19 yang diakui oleh Kementerian Kesehatan Arab Saudi.