JAKARTA, HOLOPIS.COM – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengimbau masyarakat agar tak melakukan perjalanan mudik jarak jauh dengan menggunakan sepeda motor.

Dia mengatakan, bahwa mudik dengan menggunakan transportasi darat, terlebih sepeda motor sangat melelahkan. Akibatnya, potensi kecelakaan pun menjadi lebih tinggi.

“Satu hal yang harus kita perhatikan, bahwa perjalanan darat ini melelahkan apalagi menggunakan motor. Oleh karenanya secara pribadi, dengan segala kerendahan hati, seyogyanya kalau mudik jangan pake motor,” ujar Budi, (17/4).

Dalam hal ini, Budi menyarankan masyarakat untuk mudik menggunakan transportasi umum. Terlebih pada tahun ini, pemerintah telah menyediakan kembali layanan mudik gratis bagi masyarakat setelah dua tahun absen.

Untuk itu, masyarakat diimbau untuk bisa mendaftar dan tidak perlu lagi menggunakan kendaraan pribadi saat menuju kampung halaman.

“Ada tiga hal yang terus kami siapkan. Satu busnya cukup banyak, kedua supir dan kendaraan sehat, ketiga bus gratis dan angkutan gratis untuk motor-motor masyarakat,” tuturnya.

Budi mengatakan, angkutan gratis untuk kendaraan roda dua tersebut tidak hanya disediakan bagi penumpang bus umum saja. Melainkan juga bagi penumpang kereta api dan angkutan laut.

“Kita mencarikan jalan yang paling baik agar mudiknya aman, nyaman, dan sehat itu berjalan dengan baik,” kata dia.

Selain itu, Budi juga mengimbau masyarakat melakukan perjalanan mudik lebaran lebih awal. Hal ini guna menghindari kemacetan lalu lintas.

Menurutnya, waktu yang tepat untuk mudik lebaran 2022 yakni mulai mudik tanggal 25 atau 27 April 2022 mendatang. Pasalnya, puncak arus mudik lebaran diperkirakan terjadi pada 28 dan 29 April mendatang.

“Hari-hari itu adalah puncak mudik, dan dikhawatirkan walaupun kita melakukan rekayasa lalu lintas, itu tetap sangat mengkhawatirkan,” ujarnya.