JAKARTA, HOLOPIS.COM – Polri bakal melakukan skenario buka tutup kawasan istirahat atau rest area di jalan tol saat arus mudik dan arus balik Lebaran Idul Fitri 1443 H.

Skenario buka tutup rest area akan dilakukan tergantung situasi di lapangan.

“Apabila memang terjadi kemacetan dan melakukan buka tutup di rest area sesuai dengan kebutuhan yang ada. Ini upaya-upaya yang dilakukan, dan ini bersama-sama, dan tidak Polri sendiri tentunya,” ujar Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono, Kamis (14/4).

Gatot mengatakan, skema buka tutup rest area diharapkan bisa memaksimalkan skenario yang dilakukan Polri selain ganjil genap dan rekayasa lalu lintas lainnya untuk mengantisipasi kemacetan.

“Untuk mengantisipasi daripada kemacetan lalu lintas di antaranya kita melakukan rekayasa manajemen lalu lintas dengan cara membuat contra flow kemudian one way, ganjil genap. Itu disesuaikan dengan situasinya, dengan diskresi,” kata Gatot.

Pihaknya juga akan membuat pos-pos khusus untuk memantau arus mudik Lebaran 2022. Pos-pos tesebut berisi informasi seputar mudik hingga gerai vaksinasi.

“Kita membuat pos-pos, baik itu pos pengamanan, pos pelayanan,terpadu. Di pos-pos nanti akan kita tempatkan tujuannya memberikan informasi informasi kepada masyarakat,” kata dia.

“Kemudian juga kita tempatkan gerai-gerai vaksin sehingga masyarakat akan vaksin, bisa vaksin di tempat pos-pos itu. Nah pos-pos ini akan ditempatkan di tempat-tempat keramaian wisata kemudian juga tempat-tempat ibadah, rest area, kemudian tempat-tempat kerawanan lainnya,” kata Gatot.