JAKARTA, HOLOPIS.COM – Konflik Rusia vs Ukraina masih terus berlangsung. Kali ini, Ukraina mengklaim menemukan 1.222 jasad yang diduga korban pembunuhan pasukan Rusia di sekitar Kyiv pada Minggu (10/4).

Sejak pekan lalu, Ukraina memang terus melaporkan kengerian kondisi di kota-kota sekitar Kyiv setelah pasukan Rusia angkat kaki.

“Hanya pagi ini, 1.222 jasad ditemukan hanya di kawasan Kyiv,” ujar Jaksa Agung Ukraina, Iryna Venediktova, seperti dilansir AFP.

Namun, Venediktova tak menjabarkan lebih lanjut rentang waktu temuan jasad-jasad tersebut.

Di Bucha, ratusan jasad dilaporkan bergelimpangan di jalan-jalan. Begitu banyak, jenazah itu sampai-sampai dimakamkan di kuburan massal.

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, pun naik pitam ketika mendapatkan laporan ini. Ia mengatakan, pasukan Rusia membunuh warga Ukraina hanya untuk kesenangan.

Kondisi ini juga memicu amarah sejumlah pemimpin dunia. Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, lantas menyerukan agar Presiden Vladimir Putin diseret ke pengadilan internasional atas dugaan kejahatan perang.

Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa pun menggelar sejumlah rapat untuk membahas kondisi di Bucha dan kota lain di sekitar Kyiv itu.