JAKARTA, HOLOPIS.COM – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan inspeksi ke Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, (10/4).

Dalam inspeksi ini, ia meminta operator sarana dan prasarana transportasi laut mengantisipasi daerah dengan tingkat penumpang yang tinggi saat mudik Lebaran 2022.

Menhub mengatakan, dalam rakor yang digelar telah diidentifikasi daerah yang mengalami peningkatan penumpang selama periode mudik Lebaran 2022.

PT Pelni juga telah menyampaikan bahwa terdapat satu daerah yang sudah 100 persen tingkat keterisian.

“Untuk itu saya minta dilakukan re-routing kapal-kapal di daerah yang padat, sehingga diharapkan tidak terjadi kelebihan muatan,” ujar Menhub dalam keterangan tertulis.

Sejumlah daerah yang rawan terjadi kelebihan muatan diantaranya yaitu: Madura, Jatim; Sulsel; Selayar; Samarinda; Banjarmasin; Pangkalan Bun; dan Batam. Untuk memastikan aspek keselamatan pelayaran terpenuhi, Menhub secara tegas meminta dilakukannya uji petik atau pemeriksaan kelaikan kapal-kapal yang beroperasi pada masa mudik. Termasuk, melakukan pemeriksaan kesehatan kepada awak kapal.

Menhub menjelaskan, untuk menekan tingginya angka pemudik yang akan menggunakan sepeda motor, akan disiapkan program mudik gratis melalui kapal. “Orangnya bayar tiket kapal, motornya bisa diangkut secara gratis, dengan tujuan ke Semarang dan Surabaya,” jelas Budi Karya Sumadi.