JAKARTA, HOLOPIS.COM Presiden Jokowi memerintahkan para pembantunya untuk segera melakukan penghitungan ulang anggaran pelaksaan pemilu serta pilkada serentak tahun 2024.

Pasalnya, dalam rapat persiapan pemilu dan pilkada serentak, Jokowi mengungkapkan bahwa dirinya sudah menerima laporan awal terkait estimasi anggaran yang dibutuhkan untuk pesta lima tahunan rakyat Indonesia tersebut.

“Kemarin sudah disampaikan ke saya bahwa diperkirakan anggarannya sebesar Rp110,4 triliun, KPU dan Bawaslu; KPU-nya Rp76,6 triliun dan Bawaslu-nya Rp33,8 triliun,” kata Jokowi, Minggu (10/4).

“Ini saya minta didetailkan lagi, dihitung lagi, dikalkulasi lagi dengan baik dalam APBN maupun dalam APBD dan dipersiapkan secara bertahap,” sambungnya.

Mantan Walikota Solo itu pun meminta agar proses tersebut bisa dengan cepat dilakukan. Hal tersebut dimaksudkan agar pemerintah tidak dituduh secara terus menerus ingin perpanjangan masa jabatan Presiden menjadi tiga periode.

“Yang ini juga segera harus diputuskan mengenai alokasi dana, baik dari APBN maupun APBD, dalam rangka persiapan pemilu dan pilkada serentak 2024,” tegasnya.