Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Jangan Sedih Bestie, Ini Cara Atasi Sakit Kepala Saat Puasa

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Jika anda tiba-tiba mengalami sakit kepala saat sedang menjalankan aktivitas, biasanya minum obat menjadi jalan keluar yang mudah dan cepat.

Anda bisa langsung melanjutkan kegiatan dalam waktu singkat. Namun, berbeda halnya jika anda sedang berpuasa. Minum obat tentu saja tidak bisa menjadi pilihan.

Lalu bagaimana jalan keluarnya jika anda mengalami sakit kepala tetapi sedang melaksanakan ibadah puasa?

Jaga Carian Tubuh

Melansir dari Health24, tubuh manusia sebagian besarnya terdiri dari cairan. Karena itu, ketika kadar air menurun, otak pun menghasilkan histamin. Reaksi ini bertujuan untuk melindungi otak agar tidak kehabisan air. Maka dari itu wajar kadang anda merasa sakit kepala saat sedang berpuasa.

Karena itu, banyak-banyaklah minum air putih setelah berbuka puasa hingga sahur agar kandungan air dalam tubuh anda tetap terjaga sepanjang siang hari.

Kendalikan Kadar Gula Darah

Gula darah rendah juga dapat memicu sakit kepala. Maka dari itu, terlalu banyak makan makanan dan minuman yang tinggi gula dapat menyebabkan kadar gula melonjak dan mengalami penurunan signifikan. Naik turun gula darah yang tajam inilah yang memicu sakit kepala. Jadi, usahakan tidak mengkonsumsi makanan gula tinggi saat berbuka dan sahur. Makan makanan yang mengandung gula rendah serta karbohidrat kompleks seperti nasi merah, serealia, dan biji-bijian.

Kurangi Kafein

Kafein kerap kali dijadikan minuman untuk melegakan rasa kantuk dan sakit kepala, padahal jika anda terlalu sering meminum kafein dan tiba-tiba berpuasa, hal ini dapat memicu rentan mengalami pusing. Cobalah ubah kebiasaan mengonsumsi kafein anda selama puasa. Jika ingin meminum kopi atau teh, konsumsilah setelah anda berbuka puasa.

Kualitas Tidur Terjaga

Selama bulan puasa, memang menjadi tantangan tersendiri untuk menjaga pola tidur. Ketika anda memutuskan untuk begadang, anda harus langsung bangun untuk menjalani sahur. Anda bisa mengakalinya dengan tidur lebih awal.

Jika anda memiliki waktu luang, anda juga bisa menggunakan waktu itu untuk tidur siang sejenak agar istirahat menjadi cukup, dan kesehatan tetap terjaga.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Massimo Meregalli Kaget Fabio Quatararo Mampu Taklukan Ban Jenis Baru

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kepala Tim Monster Energy Yamaha, Massimo...

Menu Takjil Khas Arab Saudi

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Takjil atau menu berbuka puasa merupakan...

Arus Balik Mudik 2022, Beberapa Bandara Terpantau Ramai Terkendali

JAKARTA, HOLOPIS.COM - Arus balik mudik 2022 sudah dimulai...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru