Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

5 Gangguan Pencernaan Saat Puasa dan Cara Mengatasinya

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Gangguan pencernaan di awal-awal puasa banyak dialami sebagian orang. Mereka mengeluhkan beberapa gejala pencernaan yang diklaim adalah bagian dari adaptasi tubuh karena puasa. Lalu apakah benar demikian?

Dokter Spesialis penyakit dalam dr Epistel P Simatupang mengungkapkan setiap orang mengalami masalah pencernaan yang berbeda saat mulai berpuasa. Terdaat enam gangguan yang sering muncul berikut ini:

1. Perut kembung

Ini juga menjadi keluhan umum orang yang sedang berpuasa. Bukan masalah pencernaan yang parah, memang. Namun, cukup mengganggu produktivitas jika tidak diatasi.

2. Mual dan muntah

Ini adalah keluhan paling umum. Penyebabnya beragam.

“Bisa karena tubuh masih beradaptasi, tidak makan sahur, atau ketika berbuka menyantap makanan pedas,” kata dia.

3. Nyeri maag

Kambuhnya maag saat berpuasa disebabkan makan terlalu banyak dan terlalu cepat saat berbuka puasa. Sama seperti mual dan muntah, tidak sahur dan makan makanan pedas pun bisa memicu nyeri maag.

4. Diare

Beberapa orang mengeluh diare karena terlalu banyak menyantap makanan berlemak. “Batasi konsumsi lemak dan atur pola makan yang seimbang,” saran Epistel.

5. Gangguan konstipasi atau sembelit

Gangguan ini disebabkan rendahnya konsumsi serat dan cairan. Cara untuk menghindarinya adalah dengan makan sayuran berserat tinggi dan minum minimal delapan gelas untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Massimo Meregalli Kaget Fabio Quatararo Mampu Taklukan Ban Jenis Baru

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kepala Tim Monster Energy Yamaha, Massimo...

Menu Takjil Khas Arab Saudi

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Takjil atau menu berbuka puasa merupakan...

Arus Balik Mudik 2022, Beberapa Bandara Terpantau Ramai Terkendali

JAKARTA, HOLOPIS.COM - Arus balik mudik 2022 sudah dimulai...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru