JAKARTA, HOLOPIS.COM April Mop merupakan salah satu perayaan yang unik di bulan keempat kalender Masehi. Perayaan April Mop diperingati pada tanggal 1 April setiap tahunnya.

April Mop juga disebut Hari Orang Bodoh di bulan April (April Fool’s Day). Nama itu diambil dari kebiasaan orang-orang yang seakan-akan diperbolehkan untuk melontarkan kalimat bohong dan membuat lelucon kepada orang lain tanpa dianggap bersalah.

Salah satu contoh keisengan yang dilakukan adalah memberi tahu orang bahwa tali sepatunya lepas, padahal tidak. Setelah orang tersebut menoleh ke arah sepatunya, sang pemberi lelucon pun mengucapkan kata ‘April Mop’.

Asal-usul April Mop

Meskipun perayaan April Mop sudah ada sejak berabad-abad yang lalu, namun asal-usulnya April Mop sendiri tidak diketahui secara pasti. Banyak pendapat yang mengiringi asal usul dari hari bersejarah itu.

Mengutip History, para sejarawan mengungkap bahwa asal-usul April Mop berawal saat Perancis beralih dari kalender Julian ke kalender Gregorian pada tahun 1582 silam.

Dalam kalender Julian, perayaan tahun baru diperingati pada ekuinoks musim semi, yakni sekitar 1 April. Namun setelah beralih ke kalender Gregorian, perayaan tahun baru berubah ke 1 Januari.

Orang-orang yang terlambat mendapatkan kabar tersebut, tidak menyadari kalau tanggal tahun baru telah berubah. Akhirnya, mereka terus merayakan tahun baru pada akhir bulan Maret hingga 1 April

Orang-orang ini akan mendapat lelucon orang-orang bodoh di bulan April (April Fools). Mereka juga akan disebut dengan poisson d’avril (ikan bulan April) yang diartikan sebagai lambang ikan yang mudah ditangkap dalam arti orang tersebut mudah tertipu.

Pendapat lainnya soal asal-usul April Mop juga mengaitkannya dengan perayaan festival Hilaria, yang berlangsung di Roma Kuno pada akhir Maret. Saat perayaan tersebut, orang-orang akan berdandan sebagai bentuk penyamaran untuk mengejek sesama warga bahkan hakim.

Selain itu, April Mop juga dikatikan dengan vernal equinox atau hari pertama musim semi di belahan bumi utara, ketika Mother Nature menipu orang-orang dengan sebuah perubahan seperti cuaca yang tidak terduga.

Tidak ada alasan khusus untuk merayakan April Mop ini, tapi yang jelas pada perayaan tersebut akan muncul banyak lelucon yang dibuat, seperti di Brasil yang menyebutnya dengan perayaan Dia da Mentira atau hari kebohongan.