Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024
NewsEkobizBank Dunia Puji Kinerja RI Atasi Krisis Ekonomi Akibat Covid-19

Bank Dunia Puji Kinerja RI Atasi Krisis Ekonomi Akibat Covid-19

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Bank Dunia (World Bank) memuji kinerja pemerintahan Indonesia dalam mengatasi krisis ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Kinerja perekonomian Indonesia dinilai lebih baik dibanding negara lain dalam melewati masa-masa krisis ekonomi global.

Kepala Perwakilan Bank Dunia untuk Indonesia dan Timor Leste, Satu Kahkonen menjelaskan, bahwa dalam dua tahun terakhir ini, seluruh dunia sedang berjuang melawan penyebaran Covid-19 dan dampak ekonomi yang ditimbulkan.

Indonesia melalui kebijakan pelonggran Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dinilai mampu menghadapi pandemi Covid-19.

“Pemerintah Indonesia berhasil mengkoordinasikan sumber daya kesehatan, bantuan sosial, di seluruh negeri dalam menghadapi pandemi,” jelas Kahkonen dalam diskusi daring, Senin (28/3).

“Perekonomian Indonesia telah melewati krisis lebih baik dibandingkan banyak ekonomi di dunia. Berkat manajemen makro ekonomi Indonesia yang baik,” imbuhnya.

Saat ini, lanjut Kohkonen, seluruh dunia tengah berfokus dalam pemulihan ekonomi dan mengatasi perubahan iklim.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, bahwa dampak pandemi Covid-19 sangat luar biasa mengubah aktivitas perekonomian dari sisi fundamental.

Mantan Direktur pelaksana Bank Dunia itu mengatakan, bahwa dalam dua setengah tahun pandemi ini, seluruh dunia termasuk Indonesia berusaha untuk pulih, baik dari segi kesehatan maupun ekonomi.

“Meskipun kami saat ini melihat gelombang baru sebagai variabel omicron di awal 2022, tetapi kami relatif mampu mengelola konsekuensinya,” jelas Sri Mulyani.

“Meski pandemi covid-19 semakin meningkat akibat omicron, pemulihan ekonomi dari beberapa negara sudah terus melaju. Indonesia dan antar negara sudah mencapai tingkat pra pandemi,” imbuhnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Harga Emas Antam Ngegas Jelang Akhir Pekan, 1 Gram Dibanderol Rp 1.443.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan yang cukup tajam pada perdagangan hari ini, Jumat 20 September 2024.

IHSG Loyo Saat Jeda Makan Siang

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melemah pada pertengahan perdagangan, atau pada penutupan perdagangan sesi I hari ini, Jumat 20 September 2024.

Turun Lagi, Segini Harga Emas Galeri 24, Antam hingga UBS di Pegadaian

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau kembali mengalami penurunan pada perdagangan hari ini, Jumat 20 September 2024.

IHSG Diproyeksi Menguat, Bakal Cetak Rekor Lagi?

CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas, William Surya Wijaya memproyeksi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada hari ini bakal menguat pada rentang 7.878—7.957.