Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Mudik Lebaran Diperbolehkan, Kemenhub Prediksi Arus Puncak 28 April 2022

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Sinyal positif pemerintah mengizinkan masyarakat indonesia untuk mudik lebaran pada Tahun ini, disampaikan langsung Oleh presiden Jokowi. Jokowi menyampaikan bahwa kasus covid-19 di indonesia sudah mengalami penurunan yang cukup baik. Menyikapi hal tersebut, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi puncak arus mudik Lebaran tahun ini akan terjadi pada 28 April 2022 mendatang.

“Diperkirakan bahwa puncak arus mudik terjadi pada tanggal 28 April dan potensi perjalanan meningkat di tanggal 30 April,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi dalam keterangannya, Senin (28/3).

Sementara itu, kata Budi, untuk puncak arus balik Lebaran 2022 diperkirakan terjadi pada 8 Mei.

Budi juga memprediksi bahwa Jawa Tengah menjadi daerah tujuan mudik terbanyak, yakni sebesar 26,8 persen atau 21,3 juta orang. Daerah lain yang juga menjadi tujuan utama mudik adalah Jawa Timur dan Jawa Barat.

Ini merupakan hasil survei terkait potensi pergerakan masyarakat selama Angkutan Lebaran 2022 ini yang dilakukan pada 9-21 Maret, atau setelah syarat perjalanan dengan test antigen/ PCR dihapuskan.

Budi juga menyebut, kebijakan penghapusan aturan tes antigen/PCR berpotensi terjadi ada pergeseran penggunaan moda transportasi. Meskipun, angkutan pribadi tetap menjadi pilihan utama, namun pemilihan penggunaan pesawat menjadi lebih banyak dibandingkan menggunakan kereta api.

Diprediksi, pengguna mobil pribadi sebanyak 26 persen atau 21 juta, sepeda motor sebanyak 18 persen atau 14 juta. Kemudian, disusul pengguna moda bus sebanyak 16 persen atau 12 juta dan moda pesawat sebanyak 12 persen atau 9 juta.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Apakah Makan Es Bisa Membuat Gemuk?

Makan es, terutama dalam bentuk es krim atau dessert beku, sering kali menjadi camilan yang menyenangkan.

4 Tips Menyelamatkan Diri Dari Badai Berbahaya

Belakangan ini, beberapa wilayah di negara-negara Asia Tenggara dilanda topan dan badai yang berbahaya karena dampak dari pemanasan global.

5 Khasiat Buah Anggur Merah, Manis dan Banyak Manfaat Baik

Siapa sih yang tidak suka dengan anggur merah? Anggur merah adalah buah yang bukan hanya lezat tetapi juga kaya akan manfaat kesehatan.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru