Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Kunjungan di Bali Melonjak 200% Sejak Kebijakan Tanpa Karantina Berlaku

JAKARTA, HOLOPIS.COM Kasi Pengembangan Pasar Pariwisata Dinas Pariwisata Bali Gunandika mengatakan, jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang datang ke Bali semenjak kebijakan tanpa karantina diterapkan terus meningkat. Tercatat persentase kenaikan mencapai 200%.

“Sebelum penerapan bebas karantina dan visa on arrival 8 Maret 2022, rata-rata satu harinya 120 orang. Setelah aturan itu berlaku menjadi 358 orang per hari,” kata Gunandika, Minggu (20/3).

Ia mengatakan, kedatangan penumpang mancanegara yang di Bandara Ngurah Rai tercatat sebanyak 4.579 orang per 17 Maret 2022.

Sementara, untuk wisatawan domestik (wisdom) juga mengalami peningkatan sejak pemerintah menerapkan kebijakan tanpa tes antigen dan swab PCR bagi pelaku perjalanan dalam negeri. Tercatat, kedatangan wisdom rata-rata per hari mencapai 21 sampai 22 ribu.

“Kalau, untuk wisatawan domestik peningkatan juga ada. Dari rata-rata 15 ribu menjadi 21 sampai 22 ribu per hari itu dari semua udara, laut dan udara. Itu ada pengaruhnya dihapusnya swab PCR dan antigen,” ujar Gunandika.

Lebih lanjut, Gunandika juga memprediksi peningkatan jumlah wisatawan akan terus terjadi, terlebih dengan adanya rencana perluasan kebijakan visa on arrival (VOA) ke sejumlah negara lainnya.

“Kemungkinan tambah banyak karena wisatawan mancanegara , mungkin ada yang baru tau kalau bebas karantina dan visa on arrival. Kalau wisman kan benar-benar direncanakan kalau liburnya. Tergantung dari maskapai dan kebijakan pemerintah rencana penambahan (negara) visa on arrival sekarang, baru 23 negara,” ujarnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Asyik! Dufan Punya Beragam Promo Potongan Harga Tiket Hingga Akhir Agustus

Bagi Sobat Holopis yang ingin pergi ke Dufan bersama teman atau keluarga, bisa memanfaatkan promo hemat berlima yang sudah berlangsung sejak 1 Juli hingga 21 Agustus 2024.

TMII Kasih Promo Khusus 17 Agustus, Diskon Harga Tiket Hingga Konser Gratis

TMII (Taman Mini Indonesia Indah) tawarkan beragam promo menarik, saat HUT ke-79 bagi Sobat Holopis yang ingin datang pada tanggal 17 Agustus 2024.

Berkunjung ke Malaysia, Perlu Banget Ke Menara Petronas Loh!

Bila berpelesiran ke luar negeri, tak lengkap rasanya jika melewatkan Malaysia sebagai salah satu opsi. Bagi masyarakat Indonesia sendiri, berkunjung ke negara tetangga yang satu ini memang merupakan hal menarik sekaligus bikin penasaran.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru