Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Soal Kuota Haji 2022, DPR: Diharapkan Pekan Depan Sudah Ada Keputusan

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Wakil Ketua Komisi 8 DPR Ace Hasan Syadzily menyatakan, terkait kuota haji 2022 akan terus berkonsolidasi dengan Pemerintah Arab Saudi. Diharapkan dapat diumumkan oleh pemerintah indonesia pada 20-21 Maret 2022.

“Kuota haji masih dibicarakan antara pemerintah Indonesia dengan Arab Saudi. Kami targetkan bahwa pada 20-21 ini sudah ada keputusan dari pemerintah Arab Saudi, kepastiannya berapa kuota yang diberikan untuk jamaah haji Indonesia. Kita berharap kuotanya normal,” ujar Ace, Rabu (16/3).

Ia menambahkan, untuk memastikan perihal kuota haji tahun ini perwakilan dari Kementerian Agama akan kembali terbang ke Arab Saudi untuk membicarakan hal tersebut.

“Kami dapatkan info bahwa pemerintah Arab Saudi akan adakan muktamar haji. Nanti akan mengundang salah satunya Menteri Agama RI. Mudah-mudahan dalam pertemuan tersebut, sudah diputuskan berapa kepastian soal penyelenggara haji selain kuota yang dibutuhkan, hal-hal teknis yang disepakati antara Pemerintah Arab Saudi dan Pemerintah Indonesia,” ujar Ace.

Sebagaimana diketahui, Komisi 8 DPR meminta Kementerian Agama dan stakeholder terkait mengkaji besaran biaya haji 2022 Rp45 juta menjadi lebih efisien.

“Dalam rapat panja biaya penyelenggaraan haji tahun ini kita mendalami perkembangan baru dari pemerintah Arab Saudi yang menyebutkan adanya pelonggaran protokol, terutama karantina, dan tidak adanya PCR,” kata Ace.

Ia menuturkan, pihak terkait harus menyesuaikan hal tersebut karena terkait dengan biaya yang akan dikeluarkan jamaah untuk haji 2022.

“Pemerintah pada awalnya melalui Kementerian Agama RI mengusulkan Rp45 juta per jamaah, kemudian menurunkan menjadi Rp42 juta,” kata Ace.

Komisi VIII DPR disebutkannya terus berupaya mendorong agar besaran biaya haji dapat ditekan seminimal mungkin disesuaikan dengan pelonggaran yang ditetapkan pemerintah Arab Saudi.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Asal Muasal Mitos ‘Ada yang Rindu Jika Bulu Mata Rontok’

Mitos tentang bulu mata yang rontok dan kepercayaan bahwa ada yang merindukan kita sudah ada sejak lama didengar, bahkan dipercayai di berbagai budaya.

Catat! Mulai Besok Tarif Tol Dalam Kota Jakarta Naik Jadi Segini…

Tarif tol dalam kota Jakarta akan dilakuka penyesuaian alias naik, yang berlaku mulai tanggal 22 September 2024 pukul 00.00 WIB. Besaran kenaikan tarif, berkisar Rp 500 hingga Rp 1500.

Tips Selamatkan Diri dari Banjir Bandang

Banjir bandang adalah salah satu bencana alam yang dapat terjadi secara tiba-tiba dan memiliki dampak yang sangat merusak.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru