Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Jangan Belajar Agama Secara Instan

HOLOPIS.COM – Mantan teroris dari elemen Jamaah Ansharut Tauhid (JAT) Sofyan Tsauri memberikan pesan kepada seluruh bangsa Indonesia, khususnya anak-anak muda yang masih mencari jati diri agar berguru kepada orang-orang yang tepat dalam memahami agama.
“Anda harus punya guru yang baik, punya guru yang mencintai bangsa dan negara ini, jangan asal guru asal ulama sehingga kalian intoleran,” kata Sofyan dalam diskusi publik di bilangan Jakarta Selatan, Sabtu (10/4/2021).
Hal ini diutarakan lantaran berdasarkan pengalaman dan perkembangannya saat ini, banyak bermunculan kelompok intoleran dari kalangan masyarakat urban. Kondisi ini bisa terjadi karena kelompok masyarakat tersebut lebih suka mendapatkan sesuatu secara instan, termasuk materi-materi spiritualitas.
“Muncul kelompok-kelompok radikalisme dimana mereka intoleran, lagi-lagi mereka muncul pada kaum urban yang maunya instan sehingga mudah terpapar radikalisme dan ekstrimisme,” ujarnya.
Kelompok masyarakat urban ini mendapatkan pemahaman agama melalui internet. Tidak ada kesempatan bagi mereka untuk berpikir kritis sehingga mudah sekali pemahaman agama yang keras dan cenderung intoleran masuk ke pemikiran mereka.
“Karena orang menjadi ekstrem tidak perlu berpikir banyak. Ini berbeda dengan orang alim. Jadi hati-hati manjadi kelompok yang instan, karena apabila tidak membaca madzhab, tidak punya toleransi maka secara gamblang dan jelas mereka akan seenaknya (melakukan jastifikasi -red),” tuturnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Ferry Koto Puji Gielbran Masuk PKB, Sindir Anies Baswedan

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Influencer Ferry Koto memberikan reaksi positif...

SBY Main ke Rumah Prabowo, Diajak Ngopi Sambil Diskusi

Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berkunjung ke kediaman presiden terpilih Prabowo Subianto di Jl Kertanegara No. 4 Jakarta Selatan, Kamis (19/9).

Indra Septiarman Sudah Ngaku Bunuh Nia

HOLOPPIS.COM, JAKARTA - Kapolres Padang Pariaman, AKBP Ahmad Faisol...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru