Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024
NewsEkobizBI Sebut Kinerja Pejualan Eceran Februari 2022 Melambat

BI Sebut Kinerja Pejualan Eceran Februari 2022 Melambat

JAKARTA, HOLOPIS.COM Bank Indonesia (BI) menyampaikan bahwa kinerja pertumbuhan penjualan eceran di periode Februari 2022 sedikit melambat. Hal tersebut berdasarkan hasil Survei Penjualan Eceran (SPE).

Tercatat, Indeks Penjualan Riil (IPR) Februari berada di angka 202,8 atau tumbuh 14,5% year on year (yoy), namun sedikit menurun jika dibanding pertumbuhan bulan lalu yang mencapai 15,2% yoy.

Direktur Eksekutif BI, Erwin Haryono mengatakan, bahwa perlambatan ini dipicu oleh menurunya permintaan masyarakat terhadap beberapa kelompok komoditas, khusunya kelompok suku cadang dan aksesoris, serta makanan, minuman dan tembakau.

“Hal tersebut sejalan dengan turunnya permintaan masyarakat, pasokan yang lebih terbatas dan kondisi cuaca yang kurang mendukung,” ujar Erwin dalam keterangan tertulisnya, Kamis (10/2).

Padahal pada periode sebelumnya, yakni di periode Januari 2022, hasil Survei menunjukkan bahwa kinerja penjualan eceran mengalami peningkatan dengan IPR sebesar 209,6 atau tumbuh 15,2 persen.

Pada periode itu, mayoritas kelompok komoditas yang saat ini terkoreksi, seperti kelompok bahan bakar kendaraan bermotor, suku cadang dan aksesoris, mengalami perbaikan yang cukup signifikan.

Lebih lanjut, BI juga menyampaikan bahwa responden memprediksi adanya tekanan inflasi pada April 2022 mendatang, namun akan menurun pada Juli 2022 nanti.

Sementara itu, Indeks Ekspektasi Harga Umum (IEH) pada April 2022 diprakirakan mencapai 139,1 atau lebih tinggi daripada bulan sebelumnya, yakni 129,2. Hal ini didorong oleh tingginya permintaan selama bulan Ramadhan.

“Sementara, IEH Juli 2022 diperkirakan 129,8 ditunjang oleh distribusi barang yang lancar, serta pasokan barang dan jasa yang memadai,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Pasar Keuangan RI Banjir Dana Asing dalam Sepekan

Bank Indonesia (BI) mencatat aliran dana asing yang masuk ke pasar keuangan Indonesia selama sepekan terakhir, yakni selama periode transaksi 17 - 19 September 2024 sebesar Rp 25,6 triliun.

Harga Bahan Pangan Kompak Naik di Akhir Pekan

Harga bahan pangan secara nasional di tingkat pedagang eceran terpantau mengalami kenaikan pada akhir pekan ini, Sabtu 21 September 2024.

Akhir Pekan, Segini Harga Emas Galeri 24, Antam hingga UBS di Pegadaian

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan, kecuali emas UBS yang mengalami kenaikan tipis pada perdagangan akhir pekan ini, Sabtu 21 September 2024.

Akhir Pekan, Harga Emas Antam Ngegas Jadi Rp 1.455.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan yang cukup tajam pada perdagangan hari ini, Sabtu 21 September 2024.