Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Hari Penegakan Kedaulatan Negara Digagas Sri Sultan Hamengku Buwono IX Ditetapkan Presiden Joko Widodo

JAKARTA, HOLOPIS.COM Sri Sultan Hamengku Buwono IX memberi gagasan Hari Penegakan Kedaulatan Negara, jadi hari untuk peringati peristiwa Serangan umum 1 Maret 1949.

Gagasan tersebut muncul, karena peristiwa tersebut bangsa Indonesia mampu menegakkan kembali eksistensi dan kedaulatan Negara Indonesia di dunia Internasional.

Serangan umum 1 Maret 1949, merupakan sebuah upaya mempertahankan kedaulatan dari perlawanan elanda dengan melakukan agresi militer dan propaganda politik.

Usulan Hari Penegakan Kedaulatan Negara ini, sudah dilakukan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono x (HB X) dan sudah dibicarakan bersama Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Bahkan, Pemerintah DIY sebelumnya mengajukan usulan tersebut sejak 2018 melalui surat bernomor 934/14984 kepada Presiden Joko Widodo.

1 Maret Ditetapkan Sebagai Hari Penegakan Kedaulatan Negara

Presiden Joko Widodo (Jokowi), akhirnya keluarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 2 Tahun 2022 yang menetapkan tanggal 1 Maret sebagai Hari Penegakan Kedaulatan Negara

“Serta memperkokoh persatuan dan kesatuan nasional, perlu menetapkan tanggal 1 Maret sebagai Hari Penegakan Kedaulatan Negara,” tulis Keppres Nomor 2 Tahun 2022.

Jokowi menyebutkan, tujuan Hari Penegakan Kedaulatan Negara dalam rangka menanamkan kesadaran masyarakat terhadap nilai-nilai sejarah perjuangan bangsa.

Selain itu, juga untuk memperkuat kepribadian dan harga diri bangsa yang pantang menyerah, patriotik, rela berkorban, berjiwa nasional, dan berwawasan kebangsaan.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Hari Perhubungan Nasional 17 September, Begini Sejarahnya

Setiap tanggal 17 September, Indonesia memperingati Hari Perhubungan Nasional atau yang biasa disebut Harhubnas. Peringatan ini merupakan momentum penting bagi kita untuk merefleksikan dan mengapresiasi peran vital sektor perhubungan dalam mendukung pembangunan nasional.

Hari Palang Merah Nasional 17 September, Begini Sejarahnya

Hari Palang Merah Nasional diperingati setiap tanggal 17 September, yang pertama kali diresmikan dan diketahui oleh Drs. Mohammad Hatta pada tahun 1945.

Hari Ozon Internasional, 16 September : Simak Tema dan Sejarahnya

Hari Ozon Internasional diperingati pada 16 September di setiap tahunnya, dimana hari besar tersebut diperingati bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dunia agar lebih mengenal mengenai ozon bumi itu sendiri.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
[adrotate banner="1"]

Berita Terbaru