JAKARTA, HOLOPIS.COM Dalam sebuah laporan lintas badan, disebutkan tahun 2050 ada kenaikan permukaan air laut ntara 10 hingga 12 inci (25 hingga 30 centimeter) di sepanjang garis pantai Amerika Serikat (AS). Kenaikan tersebut, berada di atas level saat ini.

Dari laporan yang disusun oleh gugus tugas antarlembaga untuk kenaikan permukaan laut yang mencakup NASA, Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional AS, serta sejumlah lembaga federal lainnya. Menyebutkan, Banjir di wilayah pesisir akan meningkat secara signifikan dalam 30 tahun ke depan karena kenaikan permukaan laut tersebut.

“Naiknya permukaan laut dalam 30 tahun ke depan  dapat setara dengan kenaikan total yang terlihat dalam 100 tahun terakhir,” tulis laporan tersebut.

Ada beberpa faktor yang cukup berkontribusi, dengan kenaikan permukaan laut jangka pendek seperti pencairan gletser dan lapisan es serta interaksi kompleks antara laut, darat, dan es, akan memengaruhi ketinggian air laut.

“Laporan ini mendukung penelitian-penelitian sebelumnya dan mengonfirmasi apa yang telah lama kita ketahui, yakni permukaan laut akan terus naik dengan laju yang mengkhawatirkan, mengancam masyarakat di seluruh dunia,” kata Administrator NASA Bill Nelson.

Ilmu pengetahuan tidak terbantahkan, dan tindakan mendesak diperlukan untuk mengurangi krisis iklim yang sedang terjadi, imbuhnya.