JAKARTA, HOLOPIS.COM Sutradara dan produser dibalik kesuksesan film ikonik ‘Ghostbuster’ Ivan Reitman meninggal dunia.

Ia dikabarkan meninggal dunia dengan tenang dalam tidur di kediamannya di Montecito, California.

“Keluarga kami berduka atas kepergian seorang suami, ayah, dan kakek yang telah mengajarkan kami mencari keajaiban di kehiduoan,” kata pernyataan resmi dari ketiga anaknya, Jaso Reitman, Catherine Reitman, dan Caroline Reitman.

Dilansir dari Skynews, Selasa (15/2), mereka merasa tenang mengetahui karya sang ayah telah memberikan kebahagiaan banyak orang dari seluruh penjuru dunia.

Ivan Reitman
Ivan Reitman saat menyutradarai Ghostbuster (1984)

Beberapa nama besar Hollywood pun turut berbela sungkawa dan mengucapkan kata-kata yang menggambarkan sosok Reitman semasa hidupnya.

“Aku sangat terpukul dengan kepergian Ivan Reitman. Benar-benar orang dan sutradara yang hebat, dan aku merasa terhormat pernah mengenal dan bekerja dengannya. Turut berduka untuk keluarga yang ditinggalkan dan semoga ia beristirahat dengan tenang.” Tulis aktor Ernie Hudson.

Aktor, produser, dan penulis Mindy Kaling pun menceritakan kesenangannya pernah bekerja dengan Reitman dan bagaiamana ia adalah sosok yang mempengaruhi masa kanak-kanaknya.

https://twitter.com/mindykaling/status/1493114096899674112?ref_src=twsrc%5Etfw%7Ctwcamp%5Etweetembed%7Ctwterm%5E1493114096899674112%7Ctwgr%5E%7Ctwcon%5Es1_&ref_url=https%3A%2F%2Fnews.sky.com%2Fstory%2Fivan-reitman-filmmaker-behind-ghostbusters-dies-aged-75-12541743

“Ivan Reitman adalah sosok ‘kuno’ yang positif dan baik. Aku senang bekerja dengannya. Sangat sedih ia telah pergi, membuatku merasa tua, dan sama seperti film-film di masa kecilku, yang membuat ku merasa lebih jauh dari biasanya.” Kata Mindy Kaling.

Karya yang paling signifikan dalam karir Reitman adalah Ghostbusters di tahun 1984, yang dibintangi oleh Dan Aykroyd, Harold Ramis, Ernie Hudson, Sigourney Weaver dan Rick Moranis.

Proyek tersebut meraup hampir $300m (sekitar Rp 4.2 Triliun) di seluruh dunia dan mendapatkan dua nominasi Oscar.

Selamat jalan, Ivan Reitman!