Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Percuma Vaksinasi Booster Kalau Prokes Juga Jelek

JAKARTA, HOLOPIS.COMEpidemiolog dari Universitas Airlangga (Unair) dr Windhu Purnomo terus mengingatkan kepada seluruh masyarakat, khususnya yang ada di Indonesia agar memperkuat pengamanan dari serangan virus Covid-19, yakni dengan melengkapi dosis vaksinasi sekaligus menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara tertib, baik dan benar.

Karena menurut Windhu, baik vaksinasi maupun prokes adalah dua instrumen yang saling berkaitan untuk menanggulangi pandemi Covid-19. Keduanya harus bisa saling bersinergi agar bisa bebas dari penularan virus korona varian apapun.

“Vaksinasi apapun tidak mencegah penularan, tapi mencegah situasi menuju ke gejala berat kalau sampai tertular,” kata Windhu dalam talkshow Ruang Tamu Holopis Channel, Jumat (11/2).

Diterangkan Windhu, kunci utama mencegah penularan Covid-19 adalah protokol kesehatan, bagaimana mengenakan masker yang tepat, baik dan benar, kemudian menjaga jarak aman untuk menghindari droplet dan sentuhan langsung, kemudian rajin mencuci tangah pakai sabun dan air mengalir.

“Jadi vaksin itu preventing disease bukan preventing infection. Yang cegah penularan itu prokes 3M, itu yg penting. Ingatkan kepada masyarakat, walau anda sudah vaksin dosis 3 sekalipun kalau prokesnya jelek pasti anda tertular,” tuturnya.

Ditambah lagi, pengabaian prokes itu dilakukan dalam kondisi tubuh memiliki komorbid atau penyakit bawaan, kemudian mereka sudah memasuki usia senja.

Apalagi dalam catatan Kementerian Kesehatan yang dirujuk oleh Windhu, bahwa angka kematian pasien Covid-19 di Indonesia, mayoritas mereka yang memiliki komorbid.

“Kalau anda kebetulan seorang komorbid atau lansia tentu risikonya lebih besar, apalagi belum divaksinasi. Data di Indonesia banyak yang meninggal dunia itu mereka yg punya komorbid, dan belum divaksinasi dan lansia. Yang kita jaga itu seharusnya golongan itu,” tandasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru