WONOSOBO, HOLOPIS.COM – Satu orang warga dari Desa Parikesit, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah mengalami luka cukup serius imbas bencana tanah longsor yang melanda kawasan tersebut.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari menjelaskan, bencana tanah longsor yang terjadi Rabu sore (9/2) itu dipicu oleh kondisi tanah labil dan hujan lebat di sekitar wilayah pegunungan Dieng.

“Warga yang mengalami luka berat telah dievakuasi oleh tim gabungan,” kata Abdul, Kamis (10/2).

Abdul kemudian tidak memperjelas lebih lanjut identitas korban maupun luka yang dialaminya. Abdul malah menjelaskan ada kerusakan lain yang disebabkan bencana longsor tersebut.

“1 KK terdampak dan rumah rusak berat 1 unit akibat kejadian ini. Sedangkan kerusakan sarana fisik, sebanyak 8 meter badan jalan tertutup material longsor dan 1 titik sarana irigasi terdampak,” terangnya.

Abdul kemudian menerangkan, lokasi terdampak di beberapa titik yakni di Desa Parikesit, Desa Kalilembu dan Desa Sikunang yang terletak di Kecamatan Kejajar.

Petugas gabungan dari BPBD, TNI, Polri, Basarnas, dinas terkait, beberapa organisasi relawan serta warga kemudian melakukan pembersihan material longsor di 3 titik pada ruas jalan terdampak. Petugas BPBD serta dinas terkait melakukan pemantauan kondisi lapangan untuk mengantisipasi potensi bahaya susulan.