JAKARTA, HOLOPIS.COM – VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan bahwa LRT Jabodebek akan diresmikan pada tanggal 17 Agustus 2022, bertepatan dengan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77.

“Kami pastikan LRT Jabodetabek akan diresmikan pada 17 Agustus 2022,” ujar Joni melalui keterangan resminya, Selasa (8/2).

Adapun progres pembangunan LRT Jabodebek hingga saat ini telah mencapai 78,78 persen.

Sejak bulan kemarin, yakni Januari hingga Mei mendatang, Joni mengungkapkan bahwa pihaknya telah melakukan serangkaian test commissioning terhadap moda transportasi itu. Lalu dilanjutkan dengan trial run pada Juli hingga Agustus.

Joni mengatakan, pengecekan atau perawatan LRT Jabodebek akan dilakukan rutin, baik setelah jam operasional maupun secara berkala untuk menjamin keselamatan perjalanan LRT Jabodebek.

Rencanaya, headway atau waktu antar LRT Jabodebek pada 3 lintas pelayanannya akan dipersingkat. Headway pada lintas pelayanan 1 antara Harjamukti – Cawang dan lintas pelayanan 3 Jatimulya – Cawang hanya 6 menit, bahkan lintas pelayanan 2 Cawang – Dukuh Atas hanya 3 menit.

“Singkatnya headway LRT Jabodebek dipengaruhi oleh sistem Communication-Based Train Control (CBTC) yang digunakan. Sistem ini dapat mengoperasikan kereta dan memproyeksikan jadwal secara otomatis disertai supervisi dari pusat kendali operasi,” ungkap dia.

KAI menargetkan, sebanyak 27 trainset LRT Jabodebek akan beroperasi setiap harinya, dengan 1 trainset terdiri dari 6 unit kereta.

Dengan demikian, akan terdapat 560 perjalanan LRT Jabodebek yang akan melayani 114.000 pelanggan per hari. Sementara dalam kondisi normal, 1 trainset LRT Jabodebek berkapasitas 740 pelanggan dengan konfigurasi 174 duduk dan 566 berdiri.