Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

WHO: Pandemi Covid-19 Akan Menjadi Endemi

JAKARTA, HOLOPIS. COM- Dunia saat ini sedang bekerja keras melawan pandemi covid-19 yang tidak hanya merenggut nyawa, tetapi juga melumpuhkan banyak sektor usaha. Vaksin digadang-gadang menjadi salah satu solusi yang baik untuk hentikan pandemi covid-19, namun disaat ada titik cahaya akan harapan hilangnya pandemi covid-19 Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengingatkan besar kemungkinan pandemi covid-19 ini akan menjadi endemi.
WHO juga menyatakan walaupun pandemi covid-19 yang kita hadapi saat ini parah, tapi belum tentu yang besar. Dunia juga harus belajar hidup berdampingan dengan virus covid-19.

IMG 20210228 WA00131
dokumentasi infopublik.id

Menurut Professor David Heymann the chair of the WHO’s strategic and technical advisory group for infectious hazards, takdir dari virus covid-19 ini akan menjadi endemi. Dunia saat ini juga terlalu berharap dengan herd immunity, dan konsep herd immunity itu sendiripun banyak disalah pahami. Lalu apa bedanya pandemi dan endemi?
https://www.theguardian.com/world/2020/dec/29/who-warns-covid-19-pandemic-is-not-necessarily-the-big-one
Perbedaan Pandemi dan Endemi
Pandemi adalah wabah yang berjangkit serempak di mana-mana, meliputi daerah geografis yang luas. Pandemi merupakan epidemi yang menyebar hampir di seluruh negara atau benua, biasanya mengenai banyak orang. Contoh penyakit yaang menjadi pandemi adalah Coronavirus disease 2019 (Covid-19).
Sedangkan Endemi adalah penyakit yang berjangkit di suatu daerah atau pada suatu golongan masyarakat. Endemi merupakan keadaan atau kemunculan suatu penyakit yang konstan atau penyakit tersebut biasa ada di dalam suatu populasi atau area geografis tertentu. Contoh penyakit endemi di Indonesia adalah malaria dan demam berdarah dengue (DBD).
https://itjen.kemdikbud.go.id/public/post/detail/memahami-istilah-endemi-epidemi-dan-pandemi

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Lokasi Samsat Keliling di Jadetabek Hari Jumat 20 September

Lokasi Samsat Keliling di wilayah Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi), disiapkan Polda Metro Jaya di 14 lokasi, pada Jumat 20 September 2024.

Lokasi SIM Keliling Hari Jumat 20 September di Jakarta

Jadwal dan lokasi SIM Keliling di Jakarta, pada hari Jumat 20 September 2024 beroperasi di lima wilayah mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB.

KAI dan Korlantas Polri Gencar Sosialisasikan Keselamatan Kepada Masyarakat

HOLOPIS.COM, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) bekerja...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru