Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Protes Harga BBM Naik, Demonstran Bakar Rumah Presiden Khazakhstan

JAKARTA, HOLOPIS.COM Pemerintah negara Khazakhstan mengumumkan status darurat nasional pasca para pengunjuk rasa berhasil menduduki beberapa kantor pemerintah dan rumah dinas Presiden, Kassym-Jomart Tokayev.

Kabar situasi genting ini dirilis oleh situs Skynews yang dikutip oleh Holopis.com pada hari Kamis (6/1). Tidak hanya menduduki kantor-kantor dan pusat strategis nasional, para demonstran juga membakar beberapa gedung tersebut.

Sementara itu, seluruh penerbangan dari dan menuju Almaty untuk sementara waktu dibatalkan karena situasi yang tidak kondusif tersebut.

Beberapa maskapai seperti Lufthansa, Qatar Airways dan flydubai, yang mengoperasikan penerbangan reguler ke Kazakhstan mengatakan akan tetap memantau kejadian tersebut. Mereka akan melayani penerbangan setelah situasi sudah dirasa kondusif.

Aksi protes Kazakhstan
Aksi protes Kazakhstan (Foto: Yevgeny BIYATOV / SPUTNIK / AFP)

Diberitakan sebelumnya, aksi protes bermula karena harga Bahan Bakar Minyak (BBM) mobil naik berlipat ganda hanya dalam waktu beberapa hari. Kemudian, pemerintahan Tokayev akan memberlakukan batas harga kenaikan BBM 50 tenge (sekitar Rp1.652) per-liter.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Viral Tren ‘Gak Bisa Yura’ Bikin Netizen Dapat Momen Curcol

Baru-baru ini, bagian reff dari lagu "Risalah Hati" sering digunakan sebagai latar musik video TikTok untuk tren "gak bisa Yura".

Susunan Skuad Arsenal vs Manchester United di Laga Praseason

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pertandingan sengit antara Arsenal vs Manchester...

Dompet Dhuafa Sukses Tebar Hewan Kurban 1444 H, Sasar 1,7 Juta Lebih Penerima Manfaat

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Ketua Panitia Tebar Hewan Kurban...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru