Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

MUI : Haram Isi Boneka dengan Arwah

JAKARTA, HOLOPIS.COM Ketua Bidang Dakwah dan Ukhuwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, KH Muhammad Cholil Nafis memberikan responnya terhadap munculnya fenomena masyarakat yang memelihara boneka layaknya anak kandung sendiri. Bahkan ada kabar jika boneka tersebut diisi oleh arwah atau makhluk halus sehingga seolah-olah boneka tersebut hidup.

Menurut kiai Cholil Nafis, secara umum bermain dengan boneka adalah sah-sah saja dilakukan. Selama dalam konteks hanya untuk permainan semata.

“Boneka itu mainan atau hobi itu boleh aja,” kata kiai Cholil Nafis, (3/1).

Hanya saja akan menjadi terlarang ketika boneka tersebut justru diis oleh makhluk halur atau jin. Apapun alasannya, tindakan semacam itu menurutnya adalah perbuatan yang dilarang.

“Tapi kalau dijadikan demit arwah atau diisi arwah makhluk halus dan jin itu haram. Jika disembah ya syirik,” tegasnya.

Pengasuh Pondok Pesantren Cendekia Amanah Depok tersebut menyarankan agar masyarakat tidak berlebihan di dalam menyayangi benda mati termasuk boneka. Apalagi sampai menganggap boneka tersebut adalah anaknya sendiri, terlebih lagi sampai diisi roh untuk kepentingan tertentu.

“Jangan berlebihan menyayangi boneka,” ujarnya.

Jika memang merasa ingin menyayangi dan memelihara seseorang, sebaiknya rasa itu dilimpahkan saja kepada anak yatim dan orang yang tidak mampu, dibandingkan disalurkan kepada boneka atau benda mati lainnya.

“Kalau lebih uang atau rasa sayang, maka sayangilah anak yatim dhu’afa,” tuturnya.

Tren pelihara boneka arwah ala artis

Perlu diketahui, bahwa saat ini tengah muncul trend baru yang cukup tabu di kalangan masyarakat, yakni memelihara boneka layaknya seorang anak sendiri. Bahkan tidak hanya sekedar dianggap anak, boneka-boneka tersebut diyakini memiliki kehidupan karena diisi oleh arwah orang-orang yang sudah meninggal dunia.

Salah satunya adalah presenter Ivan Gunawan, ia yang pertama diketahui memperkenalkan sebuah boneka bayi yang ia akui sebagai anaknya sendiri. Bahkan desainer kondang tersebut percaya bahwa boneka yang bernama Miracle dan Marvelous tersebut hidup layaknya bayi manusia.

Semenjak itu, boneka arwah menjadi sorotan masyarakat dan satu per satu selebriti tanah air mulai menunjukkan koleksinya. Boneka arwah sendiri merupakan boneka bayi yang kabarnya secara magis dapat dimasukkan arwah manusia yang sudah meninggal.

Namun demikian, kebenaran soal kabar horor tersebut belum dapat dipastikan oleh masyarakat.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Perry Warjiyo Kembali Jabat Ketum ISEI

Perry Warjiyo kembali menjabat sebagai Ketua Umum (Ketum) Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) untuk periode 2024-2027. Ia terpilih secara aklamasi dalam Kongres ISEI XXII 2024 yang berlangsung di Surakarta, Jawa Tengah.

Cerita Nur Fatia, Difabel Bergelar Sarjana yang Berhasil Masuk Polisi

Sekolah Polisi Wanita atau Sepolwan Lemdiklat Polri sangat bangga memiliki siswi bernama Nur Fatia Azzahra yang bergelar sarjana psikologi, dengan nilai IPK 3,56.

RESEP : Telur Ceplok Setengah Matang, Nikmat dan Menyehatkan

Meskipun terkesan sederhana, namun telur celpok setengah matang memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. S
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru