JAKARTA, HOLOPIS.COM – Timnas Indonesia akan melakoni leg pertama final Piala AFF 2020 melawan Thailand, Rabu (29/12) malam di National Stadium, Singapura. Pertandingan itu digelar mulai pukul 19.30 WIB.

Sebelum mencapai babak final, Skuat Garuda sukses menyingkirkan tim-tim dari Asia Tenggara. Sebut saja Malaysia hingga juara bertahan Vietnam.

Pertandingan melawan Thailand nanti malam merupakan final keenam yang sudah dijalani Timnas Indonesia di Piala AFF. Dalam lima laga final itu Skuat Garuda selalu gagal menjadi kampiun.

Dan malam nanti merupakan kesempatan bagi Timnas Indonesia mengakhiri “kutukan” babak final. Asnawi Mangkualam Dkk mempunyai peluang besar untuk mengangkat trofi Piala AFF 2020.

Sementara itu, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, sangat optimistis Skuat Garuda mampu mengalahkan Thailand.

“Kita tahu Thailand dan Vietnam menjadi tim terkuat Asia Tenggara saat ini. Thailand di atas kita sebenernya, tetapi pasti ada cara bagaimana mengalahkannya,” ujar Shin Tae-yong seusai latihan di lapangan Geylang, Singapura seperti dilansir dari pssi.org

“Fokus kita saat ini pemulihan kondisi fisik para pemain. Kedua bagaimana kita akan menghadapi permainan lawan yang baik, bagaimana kita bertahan dan open play juga untuk melawan Thailand,” tambah pelatih asal Korea Selatan itu.

Untuk itu, Shin Tae-yong meminta masyarakat Tanah Air terus mendukung Timnas Indonesia hingga menjadi juara Piala AFF 2020.

“Selain Rian (Rahmat Irianto) yang cedera ringan, dan Arhan mendapat akumulasi kartu, kondisi seluruh pemain dalam keadaan baik,” kata pelatih berusia 51 tahun tersebut.

“Seluruh pemain kerja keras di sini, saya ingin suporter terus mendukung, bahkan dengan energi lebih. Saya merasa pemain pasti merasakan dukungan para suporter di sini,” tambahnya.