JAKARTA, HOLOPIS.COM – Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, tergenang banjir rob dengan ketinggian 15 hingga 20 sentimeter.

“Robnya ternyata cukup tinggi sampai masuk ke areal pedestrian dan jalan di wisata Ancol,” kata Corporate Communication PT Pembangunan Jaya Ancol, Ariyadi Eko Nugroho (7/12).

“Titiknya hanya di areal pantai indah. Sekitar 15-20 Cm kalau yang jatuh ke areal pedestrian dan jalan,” katanya.

Ia mengatakan peristiwa itu terjadi bukan karena tanggul jebol, namun karena dinding pembatas antara daratan dan laut yang jatuh karena desakan air yang kuat.

“Itu sebetulnya bukan tanggul, itu ada dinding pembatas, itu memang ada insiden jadi dindingnya kena desakan air yang cukup kuat. Jadi dia jatuh. namun hal ini sudah kami tanggulangi dan sudah normal kembali,” ungkap Eko.

Diketahui dalam beberapa hari terakhir banjir rob kembali melanda sejak Jumat (3/12) di wilayah tersebut. Meski sempat surut, namun banjir dengan ketinggian nyaris satu meter ini merendam 11 RT di RW 08.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan pembangunan tanggul di Jakarta Utara sebagai upaya menangani banjir rob, membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit.

Riza menyebut, sejauh ini, pembangunan tanggul terus dikerjakan oleh Pemerintah Pusat dan Pemprov DKI Jakarta.

“Upayanya tidak lain adalah pembangunan tanggul. sekarang ini sedang dikerjakan pembuatan tanggul yang menjadi kewajiban Pemerintah Pusat dan Pemprov DKI melalui Dinas SDA. Terus dikerjakan dan ini memang memerlukan waktu dan biaya yang tidak sedikit,” kata Riza.

Riza mengatakan selain pembangunan tanggul, pihaknya juga mendorong warga yang rumahnya terendam rob, untuk mengungsi.