JAKARTA, HOLOPIS.COMKepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman hari ini bersilaturrahmi dengan Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD.

Dalam kunjungannya itu, Jenderal Dudung menegaskan bahwa TNI AD siap bermitra dengan pemerintah dalam upaya penanganan Papua.

“Kami sudah mendapat arahan dari Pak Menko, kami akan mendukung program pemerintah yang sudah dicanangkan oleh Presiden,” kata KSAD Jenderal Dudung, Selasa (7/12).

Ia menjelaskan, bahwa pihaknya lebih menitikberatkan tugas dalam pembinaan, sementara untuk operasional berada di dalam arahan Panglima TNI.

“Ini ditindaklanjuti oleh Panglima TNI bahwa di Papua pendekatannya adalah pendekatan kemanusiaan, yaitu melakukan operasi teritorial yang di dalamnya adalah pembinaan-pembinaan kepada masyarakat, sehingga kami jajaran angkatan darat mendukung penuh dan akan menyiapkan jajaran kami dalam rangka program tersebut,” tuturnya.

Senada dengan KSAD, Menko Polhukam Mahfud MD juga menegaskan bahwa pihaknya lebih mengedepankan pendekatan kesejahteraan dibandingkan mengedepankan kekerasan apalagi peperangan.

“Pendekatan yang akan dipergunakan itu, adalah pendekatan kesejahteraan, dimana sumber daya yang dimiliki oleh pemerintah baik itu aparat, personal, maupun keuangan, akan difokuskan dalam upaya membangun kesejahteraan dalam suatu kerja yang kolaboratif, komprehensif, sesuai dengan Inpres,” kata Mahfud.

Pendekatan kesejahteraan dan dialog ini menurut Mahfud lebih efektif untuk menangkap apa yang menjadi keluh kesah dan harapan masyarakat Papua terhadap Indonesia.

“Papua itu saudara kita, bukan KKB. Papua itu saudara kita, sama dengan Jawa, Sumatera, Bugis, Aceh. Papua kita perlakukan sama sebagai bagian dari NKRI,” tegasnya.