JAKARTA, HOLOPIS.COM – Wakil Presiden Ma’ruf Amin dijadwalkan akan meresmikan sebuah monumen di Bandung, Jawa Barat yang merupakan monumen peringatan pahlawan Covid-19.

Dalam siaran pers Sekertariat Wakil Presiden, peresmian monumen tersebut merupakan salah satu dari agenda kunjungan kerja Ma’ruf Amin bersama degan rombongan di Bandung, Jawa Barat.

“Wapres beserta Gubernur Jawa Barat dan rombongan terbatas beranjak ke Monumen Pahlawan Covid-19 untuk meresmikan monumen tersebut yang terletak di Jalan Japati, Kota Bandung dengan berkendara mobil,” dikutip dari laman Wapresri.go.id, Sabtu (4/12).

Peresmian Monumen Perjuangan Pandemi Covid-19 Jawa Barat ini seharusnya dilaksanakan bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan dan diresmikan oleh Presiden Jokowi. Namun, karena faktor kesibukan Jokowi, peresmian tersebut tertunda dan baru terlaksana hari ini oleh Wakil Presiden.

Monumen Perjuangan Covid-19 Jabar merupakan cara Pemda Provinsi Jabar menghargai perjuangan para tenaga kesehatan, relawan dan ASN yang terlibat dalam penanganan pandemi.

Selain itu, melaui monumen masyarakat yang memanfaatkan kawasan tersebut diajak untuk sama-sama merenungkan dan terus berupaya meminimalisasi kasus Covid-19 di Jabar.

Dalam monumen tersebut terdapat nama-nama para tenaga kesehatan, relawan maupun ASN yang terlibat dalam penanganan Covid-19 di Jabar yang dipahat di dua sisi kiri dan kanan gerbang monumen.

Ma’ruf kemudian juga akan menyaksikan pemberian santunan bantuan dari Komunitas Indonesia bisa kepada keluarga korban Covid-19 serta menyaksikan pemberian piagam penghargaan penyelamatan arsip penanganan Covid-19.

Ma’ruf dalam kunjungan seharinya di tanah pasundan tersebut direncanakan juga akan meresmikan Pembukaan Muktamar VII Tahun 2021 dan Milad ke-31 Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI).

Sementara itu, Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin didampingi Ibu Atalia Praratya Kamil beserta rombongan terbatas direncanakan akan menuju ke Gedung Jawa Barat Craft Center untuk meninjau secara langsung produk kerajinan yang dipamerkan.

Usai menghadiri kedua acara di Bandung, Ma’ruf bersama rombongan akan melanjutkan kunjungan kerja mereka ke Provinsi Bali. Rencananya, Ma’ruf akan meresmikan penutupan Rapat Pimpinan Nasional Kamar Dagang dan Industri (KADIN) 2021.