JAKARTA, HOLOPIS.COM Pakar epidemiologi dari Universitas Airlangga (UNAIR), Dr Windhu Purnomo menyarankan kepada masyarakat agar ikut berpartisipasi aktif dalam upaya penanggulangan pandemi Covid-19. Salah satunya adalah menghindarkan dari potensi terjadinya kerumunan yang bisa memicu lonjakan penularan.

“Yang penting adalah masyarakat, patuhilah apa yang jadi pedoman dan kebijakan pemerintah,” kata Windhu kepada Holopis.com di dalam program Ruang Tamu Holopis Channel, Jumat (3/12).

Ia menilai bahwa natal dan tahun baru menjadi momentum favorit bagi masyarakkat untuk berwisata dan bepergian bersama keluarga. Namun ia berharap masyarakat pun tidak mengedepankan egonya. Sebaiknya menunda terlebih dahulu hasrat untuk berwisata demi pengendalian pandemi Covid-19.

“Kita harus menahan diri, akhir tahun ini nggak usah bepergian yang tidak perlu, nanti saja. Kalau kita piknik bersamaan, maka kita akan memunculkan kerumunan, itu sangat berisiko,” tuturnya.

Selain itu, ia juga menyayangkan adanya gerakan aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh sebagian masyarakat. Memang tidak ada larangan aksi penyampaian pendapat di muka umum, hanya saja dengan situasi kesehatan saat ini yang masih belum bisa terkendali akibat pandemi, maka cara penyampaian pendapat seharusnya tidak dipaksakan dengan memunculkan kerumunan.

“Jangan ada demo-demo di jalan dulu lah, kita tahan dulu. Cara untuk menyampaikan aspirasi kan bisa dengan berbagai cara, kita bisa daring, nggak usah ada reuni-reuni sementara, reuni SMP SMA, nggak usah dulu, nanti saja kalau sudah relatif aman,” tuturnya.

Terakhir, ia pun menyerukan kepada masyarakat secara luas agar memastikan protokol kesehatan bisa dijalankan dengan baik dan benar di manapun dan kapanpun. Begitu juga dengan upaya perlindungan diri melalui suntik vaksin Covid-19.

“Jalankan protokol kesehatan dan lengkapi vaksinasi,” pungkasnya.y