JATIM, HOLOPIS.COM Pemerintah mengelontorkan anggaran mencapai Rp 1 triliun lebih untuk membangun dua bendungan yang berada di Kabupaten Bojonegoro dan Kabupaten Trenggalek Jawa Timur.

Presiden Jokowi mengakui bahwa untuk membangun Bendungan Gongseng dan Bendungan Tugu tersebut memiliki kapasitas tampung yang cukup besar.

“Bendungan Tugu dibangun dengan biaya Rp1,69 triliun dengan kapasitas tampung 12 juta meter kubik dan memberikan manfaat irigasi seluas 1.250 hektare. Kemudian Bendungan Gongseng, ini memiliki daya tampung 22 juta meter kubik dan bisa mengairi 6.200 hektare,” kata Jokowi, Selasa (30/11).

Dengan pembangunan bendungan tersebut, Jokowi merasa yakin itu bisa mendukung sektor pangan di Jawa Timur dan juga berbagai wilayah lainnya.

“Keduanya telah siap untuk dimanfaatkan dalam rangka ketahanan pangan kita” imbuhnya.

Dengan berkembangnya sektor pertanian, ditambahkan mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut, diharapkan bisa mendongkrak perekonomian warga sekitar yang merasakan manfaat dari bendungan bernilai triliunan rupiah tersebut.

“Kita harapkan dengan tambahan dua bendungan ini aktivitas pertanian masyarakat akan semakin meningkat, petani semakin produktif, lebih sering bisa menanam dan panen, sehingga kita harapkan pendapatannya meningkat,” harapnya.