JAKATA, HOLOPIS.COM – Kuning telur tak hanya enak untuk disantap, tetapi juga sangat bermanfaat untuk merawat kesehatan rambut.

Sebelum Sobat Holopis mengetahui manfaat dan bagaimana cara pengaplikasian kuning telur, kalian harus mengetahui kandungan nutrisinya terlebih dahulu.

Apa saja yang nutrisi yang terkandung dalam kuning telur? Kuning telur kaya akan gizi makro ataupun mikro, seperti protein, lemak, kolesterol, karbohidrat, kalsium, zat besi, fosfor, magnesium, kalium, natrium, dan juga zinc.

Tak hanya itu, kuning telur juga mengandung banyak vitamin, seperti vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niasin), vitamin B6, vitamin B9 (folat), vitamin B12, vitamin A, vitamin D, vitamin E, dan juga vitamin K.

Ada beberapa jenis kuning telur yang mengandung lebih banyak nutrisi penting dibandingkan dengan telur ayam negri, yaitu kuning telur bebek, burung puyuh, dan juga kuning telur ayam kampung.

Manfaat Kuning Telur Untuk Kesehatan Rambut

  • Membantu Merawat Rambut Rusak

Beberapa kandungan yang ada di kuning telur, seperti vitamin A, vitamin E, biotin, folat, dan juga zat besi dipercaya ampuh untuk perawatan rambut yang rusak.

Para peneliti pernah menyatakan bahan ini penting untuk pertumbuhan rambut dan membuat rambut lebih sehat dan terlihat indah.

  • Melembutkan Rambut

Kuning telur mengandung lesitin yang dipercaya mampu membantu melembabkan dan juga menguatkan rambut. Lesitin ini berfungsi sebagai emolien yang mampu membuat rambut terasa lebih halus karena kelembabannya.

Jika kalian menggunakan kuning telur secara rutin, rambut akan lebih lembut, mudah diatur, dan juga lebih berkilau.

  • Menguatkan Rambut Dari Akarnya

Apabila Sobat Holopis mengoleskan kuning telur ke kulit kepala, berate kalian mengoleskan berbagai macam vitamin dan mineral ke akar rambut.

Dengan begitu, rambut baru kalian akan tumbuh menjadi lebih kuat, tidak mudah rusak, dan juga tampak lebih berkilau.

  • Mengurangi Ketombe

Jika Sobat Holopis memiliki rambut berketombe, sebaiknya gunakan kuning telur sebagai masker rambut, karena kandungan sulfur yang tinggi pada kuning telur dipercaya membantu meredakan gejala ketombe seperti gatal dan berminyak.

  • Mengatasi Rambut Rontok

Tidak banyak yang mengetahui bahwa kuning telur dapat mengatasi kerontokan pada rambut, karena nutrisi yang terkandung didalam kuning telur, dapat membantu mencegah kerontokan rambut, dengan menstimulasikan kulit kepala kalian dan memberikan beberapa nutrisi agar memperkuat akar rambut.

Lantas bagaimana cara mengaplikasikannya?

Cara Pengaplikasian Kuning Telur

Bagi Sobat Holopis yang ingin memperbaiki kualitas rambut, cobalah untuk menggunakan kuning telur yang dapat dilakukan dengan berbagai cara, yaitu:

  • Masker Rambut

Pertama, sobat Holopis bisa membuat masker rambut menggunakan kuning telur dan minyak zaitun. Kalian sebenarnya tak perlu memisahkan antara kuning dan juga putih telurnya, cukup menggunakan satu butir telur mentah tanpa mencampur dengan bahan lainnya sebagai pelembab.

Adapun cara membuat dan penggunaannya, sebagai berikut:

  • Aduk campuran kuning telur dan minyak zaitun yang telah disiapkan,
  • Gunakan sarung tangan, oleskan masker ke rambut kalian menggunakan jari-jari,
  • Kalian harus pastikan untuk melapisi bagian atas kulit kepala dan juga ujung rambut kalian,
  • Diamkan selama satu jam,
  • Setelah satu jam, bilas dengan air dingin.

Untuk pemakaian masker kalian bisa gunakan seminggu sekali untuk pemula, jika kalian merasa itu berguna pada rambut kalian, tambahkan penggunaan menjadi seminggu dua kali.

  • Diet Telur

Cara selanjutnya adalah mencoba memasukkan lebih banyak telur dalam program diet kalian, sebagai cara untuk mendapatkan rambut yang sehat.

Jika kalian memakan telur untuk sarapan, kalian dapat meningkatkan nutrisi kesehatan rambut, seperti meningkat protein, vitamin B, dan juga folat.

Semakin kalian memelihara tubuh, semakin baik juga bentuk dan pertumbuhan rambut kalian.

  • Sebagai Suplemen

Saat ini, banyak sekali suplemen yang mengandung protein dari kuning telur. Sobat Holopis dapat mencoba suplemen yang mengandung protein untuk mendapatkan nutrisi dalam kuning telur, tanpa harus kalian mengonsumsi kuning telur atau mengoleskan kuning telur pada rambut.

Apabila Sobat Holopis memiliki alergi terhadap telur, sebaiknya kalian tidak me nggunakannya, walaupun hanya digunakan sebagai masker rambut. Jika hal itu terjadi, akan membahayakan kesehatan tubuh kalian dan juga kesehatan rambut.

Jika kalian mengonsumsi kuning telur dalam jumlah yang banyak atau besar, pastikan kalian menyeimbangkan dengan pola hidup yang sehat, karena kuning telur memiliki kandungan kolesterol yang cukup tingg dan kemungkinan akan berisiko pada kesehatan jantung kalian.