JAKARTA, HOLOPIS.COM Emma Elvana Margrith alias Emma Warokka akhirnya keluar ke publik untuk menyampaikan berbagai unek-uneknya terkait dengan polemik yang terjadi terhadap kedua sahabatnya, yakni almarhum Vanessa Adzania (Vanessa Angel) dan almarhum Febri Andriansyah (Bibi Ardiansyah).

Di dalam akun Instagramnya, Emma menyayangkan sikap ayah kandung alamarhumah Vannessa, Doddy Sudrajat yang tiba-tiba muncul dan ikut cawe-cawe terhadap harta anaknya itu sekaligus soal hak asuh Gala Sky Andriansyah.

“Mamsky sangat-sangat menyayangkan sekali untuk orang tua Vanessa kandung dan ibu sambungnya,” kata Emma dikutip dari Instagram @emmawarokkaofficial, Minggu (28/11).

Menurut Emma sebagai orang yang sudah lama dekat dengan almarhumah Vanessa, memberikan kesaksian bahwa sahabat baiknya itu adalah orang yang tidak kekurangan rasa sayang dan bakti kepada orang tuanya, termasuk sang ayah. Terlepas apapun yang sudah dilakukan sang ayah kepada anaknya itu.

“Vanessa Angel itu anak yang baik banget, saya kenal dia udah lama. Vanessa Angel ini cukup-cukup berbakti sama orang tua, apapun yang telah orang tua lakukan kepadanya termasuk kepada ayahnya ya,” ujarnya.

“Saya mau garis bawahi, bahwa Vanessa Angel sampai akhir hidupnya pun tetap melakukan apa yang anak harus lakukan kepada orang tuanya, tetap menghormati, menghargai, menyayangi orang tuanya apapun yang telah bapaknya lakukan,” sambungnya.

Eksploitasi Gala

Selain itu, Emma juga sangat marah ketika pihak Doddy Sudrajat menuding keluarga Bibi melakukan eksploitasi terhadap Gala. Menurutnya, tidak ada unsur eksploitasi terhadap anak Vanessa dan Bibi tersebut. Bahkan keberadaan Gala di berbagai konten sosial media Bibi, Vanessa maupun Fuji dan keluarga Bibi, itu pun bukan bagian dari eksploitasi.

“Kalian tidak pernah follow instagramnya Fuji, instagramnya Vanessa. Setiap hari instagram Bibi setiap hari di postingannya selalu Gala, kepada sekarang baru dibilang eksploitasi. Gala itu udah biasa masuk sosial media, seperti kita semua, kita punya keponakan, main Tiktokan, itu bukan eksploitasi,” ucap Emma.

Ia pun akhirnya memberikan contoh bagaimana kategori eksploitasi itu bisa disematkan. Di mana ketika ada orang tua yang memaksakan anaknya untuk bekerja keras tapi penghasilannya tidak jelas diperuntukannya. Hanya saja dalam penjelasan Emma ini, tidak memberikan keterangan secara implisit kepada siapa praktik eksploitasi ini dicontohkan.

“Eksploitasi itu ya, kalau kamu suruh anak kamu kerja, dipaksa, lalu uangnya gak tau kemana, anak dibuang, dipaksa melakukan apa yang dia tidak mau, yang di luar dari keinginan dia, itu baru namanya eksploitasi, tapi Gala bukan eksploitasi,” tegasnya.

Hak Asuh Gala

Sebagai salah satu orang yang juga memiliki kedekatan dengan Vanessa maupun Bibi secara personal, Emma menganggap bahwa keluarga Bibi adalah tempat terbaik bagi tumbuh kembang Gala. Hal ini karena sejak lahir pun, Gala sudah dirawat dan diasuh dengan penuh kasih sayang di keluarga ayahnya itu.

“Lalu Gala diasuh dirawat dan dibesarkan, disayangi oleh keluarganya bapak Faisal, Fuji, adik-adiknya Bibi semua. Itu tempat yang tepat buat Gala. Karena dari kecil, dari masih baru lahir pun sudah bertemu dan sudah bersama mereka,” kata Emma Warokka.

Ia tidak sepakat ketika Gala justru berada di keluarga yang sebenarnya tidak memiliki kontribusi apapun terhadap tumbuh kembangnya. Apalagi di keluarga ayah Vanessa, Emma rasa itu bukan tempat terbaik untuk masa depan Gala.

“Yang tidak tepat itu orang yang gak pernah ada tiba-tiba merasa pengen (ngasuh). Kenapa, kok baru sekarang tiba-tiba pengen, tiba-tiba mau ikut-ikutan ngerawat, kemana aja kemarin ?,” tegasnya sembari menahan amarah.

Hak Harta Vanessa-Bibi

Selain itu pula, Emma pun ikut berkomentar tentang ribut-ribut harta peninggalan Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah. Di mana ia mendapati berbagai pemberitaan bahwa Doddy Sudrajat ikut cawe-cawe merebutkan harta peninggalan atau harta warisan anaknya. Bahkan ada tudingan bahwa keluarga Bibi sudah menguasai dan memanfaatkan harga almarhum dan almarhumah tersebut, dimana Doddy Sudrajat tuduh besan lelang harta Vanessa Angel.

Dalam konteks ini, Emma menganggap bahwa pengelolaan harta sudah sepantasnya menjadi tanggung jawab keluarga Bibi, namun secara umum harta peninggalan menjadi hak dari Gala.

“Vanessa itu istrinya Bibi, mereka suami istri belum bercerai, apapun yang mereka hasilkan berdua itu bukan karena Vanessa saja, karena Vanessa itu public figure seperti Mamsky juga. Tapi suami-suami kita ini membantu banting tulang, bener-bener saya tahu betul Bibi itu siang malam DM, Mamsky tolong alamat dong Mamsky, ini ada baju buat Papsky juga, Bibi DM pak Sandiaga Uno, pak cobain makanan dia, Vanessa juga kirim makanan, itu berdua (kerjasama) bukan cuma Vanessa aja lho,” kisahnya.

Emma menilai apa yang dimiliki oleh Vannessa saat-saat terakhirnya pun seluruhnya adalah berkat kerjasama yang baik antara suami dan istri, bagaimana mereka mencari pendapatan untuk kebutuhan hidup mereka khususnya demi kebutuhan Gala sang anak.

Alhamdulillah Vanessa punya suami yang bisa mengelola keuangan sehingga dalam secepat itu. Mamsky ketemu Vanessa setelah sama Bibi ya itu mereka dalam keadaan terpuruk lho, (harta) 0 bahkan minus. Tapi ada mertua Pak Faisal ini yang ngebantu dan bener-bener ngesupport anak luar biasa, top pak Faisal. Makanya Mamsky gemes banget gitu, yang sebelah kok nanyain warisan,” imbuhnya.

Bagi Emma, sangat tidak pantas ada orang yang tidak memiliki kontribusi apapun di dalam tumbuh kembang dan sepak terjang kehidupan tiba-tiba muncul menanyakan hak waris. Sentilan ini jelas sekali dialamatkan Emma kepada Doddy Sudrajat.

“Ibarat kata, Mamsky sama Mas Bagoes, kita sudah banting tulang setengah mati terus tahu-tahu orang yang gak pernah ada kontribusinya nongol terus nanyain barang-barangnya Mamsky punya gitu, wow, no way man, yang bener aja lu. Aku tahu saksi banget bagaimana itu minus rekening sampai bisa kembali lagi semua apa yang mereka pengen punya apa, punya apa. Kalaupun ada barang peninggalan mereka, itu milik keluarga Bibi bersama terutama Gala,” tegasnya.