JAKARTA, HOLOPIS.COM – Daun selada biasanya dikenal dengan ukuran daun lebar yang berwarna hijau muda, maka daun selada air memiliki diameter daun yang lebih kecil dengan warna hijau tua.

Sama halnya dengan jenis sayuran lain yang menyimpan segudang khasiat baik, Anda juga bisa memperoleh manfaat selada air secara cuma-cuma.

Selain membangkitkan selera makan, selada air juga turut menawarkan beragam manfaat baik yang sebaiknya tidak Anda lewatkan berikut ini:

1. Mencegah serangan kanker

Selada Air mengandung senyawa phytochemical dan isothicyanate. Kedua senyawa ini telah lama dikenal dapat membantu mengurangi risiko penyakit kanker dengan cara menjaga sel-sel tubuh, menghalangi senyawa karsinogenik penyebab penyakit, serta mencegah pertumbuhan dan penyebaran tumor.

Bahkan, beberapa penelitian yang dilansir dari laman Healthline, telah membuktikan bahwa senyawa isothiocyanates dalam daun selada air ini mampu mencegah terjadinya kanker usus, prostat, paru, dan kulit.

Diperkuat dengan penelitian lain dalam Toxicology and Applied Pharmacology, bahwa senyawa isothiocyanates dan sulforaphane yang sama-sama ada dalam daun selada air bisa menekan kemunculan sel kanker payudara.

2. Menyehatkan mata

Penelitian yang dimuat dalam Acta Ophthalmologica Journal, menjelaskan bahwa kandungan vitamin C dalam selada air bisa menurunkan risiko seseorang mengalami katarak.

Selain katarak, senyawa antioksidan lutein dan zeaxanthin yang ada di selada air akan mencegah perkembangan penyakit degenerasi makula. Degenerasi makula adalah munculnya gangguan pada mata yang dapat memengaruhi kemampuan untuk melihat.

3. Menjaga kesehatan tulang

Jenis selada yang satu ini mengandung sejumlah vitamin dan mineral yang disinyalir mampu memperkuat dan mempertahankan fungsi tulang. Mulai dari vitamin K, kalsium, magnesium, kalium, hingga fosfor.

Disini, vitamin K bertugas untuk mempercepat penyerapan kalsium, mengurangi ekskresi kalsium dalam urin, serta sebagai salah satu komponen osteocalcin yang merupakan protein pembentuk jaringan tulang sehat.

Ditambah dengan peran dari mineral lainnya yang semakin memperkuat kemampuan dan kesehatan tulang sebagai anggota gerak tubuh.

4. Menurunkan tekanan darah

Sebuah penelitian di tahun 2013 yang diterbitkan oleh British Journal of Clinical Pharmacology, menemukan bahwa makanan yang mengandung nitrat, seperti selada air, terbukti dapat melebarkan pembuluh darah sekaligus melancarkan kerja pembuluh darah yang kaku.

Disamping itu, kandungan nitrat dalam daun selada yang satu ini juga mampu meningkatkan jumlah oksida nitrat dalam darah. Itu sebabnya, tekanan darah yang tinggi nantinya akan menurun secara berangsur-angsur.