JAKARTA, HOLOPIS.COM – Selamat merayakan Hari Pria Internasional 2021! Sama seperti Hari Wanita Internasional, hari pria juga dirayakan tiap tahunnya, tepatnya di tanggal 19 November.

Hari ini dirayakan untuk menghindari diskriminasi terhadap pria, eksploitasi, kekerasan, dan ketidaksetaraan gender.

Fokus utama dalam perayaan ini adalah memperhatikan kesehatan mental pria, mengapresiasi kualitas positif dari kejantanan, dll.

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Holopiscom (@holopiscom)

Hari Pria Internasional, dirayakan di 80 negara dan didukung oleh UNESCO.

Pada tahun ini, Hari Pria Sedunia mengusung tema “Better relations between men and women,” atau “Hubungan yang lebih baik antara pria dan wania.”

Bagaimana sejarahnya hari ini dibentuk?

Sejarah Hari Pria Sedunia

Pada tahun 1923, beberapa pria menuntut tanggal 23 Februari agar dirayakan sebagai hari pria internasional. Lalu pada tahun 1968, jurnalis asal Amerika Serikat, John P. Harris, menulis sebuah artikel tentang sistem Soviet yang tidak seimbang. Sistem tersebut merayakan hari wanita, namun tidak ada hari yang dirayakan untuk pria.

Pada 19 November 1999, masyarakat Trinidad dan Tobago akhirnya merayakan Hari Pria Internasional untuk pertama kalinya.

Seorang dosen sejarah dari University of the West Indies, Dr. Jerome Teelucksingh pengusung hari pria dan memberikan kontribusi luar biasa untuk membuat hari pria internasional dirayakan secara mainstream di seluruh dunia.

Ia memilih tanggal 19 November karena mengenang ulang tahun sang ayah.

Pentingnya Hari Pria Internasional

Kesehatan mental pria menjadi fokus isu perayaan ini. Menurut website “International Mens Day,” pria tiga kali lebih rentan melakukan tindak bunuh diri dibandingkan wanita.

Satu dari tiga pria telah menjadi korban kekerasan rumah tangga, dan pria cenderung 4 hingga 5 tahun lebih cepat meninggal dunia dibandingkan wanita.

Pria juga lebih cenderung terkena penyakit jantung ketimbang wanita.

Hari Pria Internasional bisa kita rayakan dengan cara yang berbeda-beda dan dimulai dari rumah masing-masing.

Selamat Hari Pria Sedunia untuk Sobat Holopis dan pria-pria tersayangnya ya!