LANGKAT, HOLOPIS.COM Tiga desa yang ada di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara terendam banjir mencapai 80 sentimeter yang disebabkan tingginya curah hujan di kawasan tersebut.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari menjelaskan, tiga desa yang terendam banjir tersebut meliputi Desa Sei Bamban di Kecamatan batang Serangan, Desa Mekar Jaya di Kecamatan Wampu dan Desa Harapan Maju di Kecamatan Sei Lapan.

“Kejadian bencana banjir tersebut terjadi setelah sebelumnya hujan dengan intensitas tinggi mengguyur wilayah hulu tiga sungai masing-masing Sungai Batang Serangan, Sungai Wampu dan Sungai Sei Lapan. Adapun fenomena itu diikuti kenaikan debit air yang kemudian melimpas ke permukiman warga sejak pagi hari,” kata Abdul, Sabtu (13/11).

Abdul juga mengungkapkan, akibat kejadian bencana itu, setidaknya merendam sebanyak 258 unit rumah yang ditinggali oleh 258 KK atau 744 jiwa.

“Sampai saat ini, tidak ada laporan mengenai jatuhnya korban jiwa maupun warga yang mengungsi, ” imbuhnya.

Banjir pun kemudian pada sore harinya dilaporkan, sudah mengalami penurunan dan warga sudah melakukan aktifitas seperti biasanya.