Rabu, 2 Oktober 2024
Rabu, 2 Oktober 2024
NewsEkobizKonflik Timur Tengah Memanas, Indonesia Harus Waspadai Ini

Konflik Timur Tengah Memanas, Indonesia Harus Waspadai Ini

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Indonesia harus mewaspadai sejumlah dampak dari tensi Geopolitik di kawasan Timur Tengah semakin memanas, setelah serangan yang diluncurkan Iran terhadap Israel baru-baru ini.

Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Esther Sri Astuti menyampaikan, bahwa konflik Timur Tengah khususnya yang melibatkan Iran dan Israel diprediksi melambungkan harga minyak bumi.

Pasalnya, Iran merupakan negara produsen minyak bumi terbesar ke-9 di dunia, dengan total produksi per harinya mencapai 3,4 juta barel.

Dengan kenaikan harga minyak akibat konflik Timur Tengah tersebut, Esther memproyeksi adanya potensi kenaikan biaya logistik. Sebab Indonesia sendiri masih mengandalkan impor untuk memenuhi kebutuhan minyak dalam negeri.

“Biaya logistik meningkat, jumlah ketersediaan minyak menurun. Harga minyak cenderung meningkat,” ujarnya dalam keterangannya, seperti dikutip Holopis.com, Rabu (2/10).

Bahkan ia menyebut, kenaikan harga minyak mendorong kenaikan inflasi. Pasalnya, dengan biaya logistik yang meningkat akan serta merta menaikkan komoditas lain karena kenaikan biaya transportasi.

“Kenaikan harga minyak mendorong kenaikan biaya transportasi dan harga barang umum lainnya sehingga terjadi inflasi,” tuturnya.

Lebih jauh, Esther merinci, kenaikan harga minyak akibat konflik Timur Tengah juga dapat berdampak pada nilai tukar rupiah terhadap dolar AS.

Selain itu, naiknya suku bunga acuan juga berdampak pada penurunan kredit yang membuat investasi turun dan pertumbuhan ekonomi tersendat.

“Di sisi lain impor juga semakin mahal karena industri melambat,” tuturnya.

Seperti diketahui, konflik Timur Tengah masih terus berlangsung hingga saat ini, dimulai dari serangan Israel terhadap Palestina, dan berlanjut dengan serangan Israel ke Lebanon yang menewaskan pemimpin kelompok milisi Hizbullah.

Terbaru, ratusan rudal balistik Iran telah diluncurkan ke Israel, tepatnya dekat Laut Mati, di selatan dan di wilayah Sharon, Tel Aviv, Israel.

Google News

Temukan kamu di Google News dan jangan lupa klik ikon bintang untuk mengetahui semua berita terbaru dari kami.

WhatsApp Channel

Follow WhatsApp Channel Holopis.com untuk mendapatkan 10 berita terbaru setiap hari dari tim Redaksi.

Baca Juga

Loading...
Loading...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
HOLOPIS

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Inflasi Turun, Ekonom Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi RI Bisa di Bawah 5 Persen

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat tingkat inflasi tahunan Indonesia pada September 2024 mengalami penurunan menjadi sebesar 1,84 persen.

Deflasi RI 5 Bulan Beruntun Cetak Rekor Terpanjang Setelah Krismon

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat ekonomi Indonesia pada September 2024 kembali mengalami deflasi, yang secara bulanan atau month to month (mtm) sebesar 0,12 persen.

Update Harga Emas di Pegadaian, Rabu 2 Oktober 2024

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) mayoritas terpantau tidak mengalami perubahan pada perdagangan akhir pekan ini, Rabu 2 Oktober 2024.

Harga Emas Antam Naik Hari Ini, Cek Rincian Harganya Sekarang

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan yang cukup signifikan pada perdagangan hari ini, Rabu 2 Oktober 2024.