HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali menyampaikan bahwa pengadaan kapal selam baru akan menjadi jadi salah satu fokus matranya.

Menurut Ali, Menhan Prabowo Subianto akan menambah kapal selam baru lewat kerja sama antara perusahan Prancis dan PT PAL.

“Jadi akan ada joint venture antara Naval Group dengan PT PAL untuk membangun kapal selam kelas scorpene,” kata Laksamana Ali di Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (28/9) seperti dikutip Holopis.com.

Lantas, ia pun menyampaikan abhwa kapal selam Scorpene Evolved tersebut akan memiliki teknologi canggih yang bisa menunjuang sistem alutsista milik TNI AL ke depan.

“Dan kelas Scorpene ini yang sudah Evolved, yang terbaru, yang paling keluaran terakhir, yang sudah cukup canggih dari segi pendorongan maupun dari persenjataan,” ujarnya.

Ali mengatakan bahwa jumlah kapal selam milik Indomesia saat ini masih belum mencukupi. Karena itu, rencana Prabowo sebagai jalan memperkuat alutsista TNI AL termasuk armada kapal selam.

“Beliau ingin perkuat jajaran angkatan laut, khususnya armada kapal selam juga tambah. Mungkin dari berbagai negara nanti sudah siapkan,” jelas mantan Gubernur Akademi AL ini.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo memberikan sejumlah arahan kepada Ali. Menurut Ali, Jokowi meminta agar terus mengutamakan alutsista buatan dalam negeri.

“Selalu mengutamakan pembuatan kapal-kapal itu di dalam negeri,” jelas Ali.