HOLOPIS.COM, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) menggelar acara Open House Balai Yasa Manggarai yang berlangsung pada tanggal 25 – 26 September 2024. Acara ini sudah berjalan rutin tahunan dan sudah berjalan ketiga kalinya. 

Di hari pertama kegiatan Open House, pada hari ini disampaikan oleh Vice President Public Relations KAI, Anne Purba bahwa antusiasme tinggi dari ribuan masyarakat untuk berkunjung ke lokasi tempat perawatan dan perbaikan kereta yang terletak di Jalan Bukit Duri Utara, Jl. Menara Air No.1, RT.1/RW.11, Manggarai, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan.

“Hingga pukul 11.00 WIB, tercatat sudah mencapai 1.005 pengunjung hanya dalam waktu kurang dari 2 jam sejak dibuka pada pukul 09.15 WIB. Total pendaftar hingga saat ini untuk dua hari ke depan sudah mencapai 7.500 orang, sementara KAI menyediakan 5.000 tiket per hari,” ujar Anne di Jakarta, Rabu (25/9). 

Acara Open House Balai Yasa Manggarai dibuka oleh Executive Vice President Balai Yasa Manggarai – Idrus Fauzi dengan ditandai oleh penekanan tombol sirene tanda peresmian acara dimulai. Selanjutnya acara diisi dengan tarian adat Betawi dan hiburan lainnya.

Ribuan pengunjung dapat menyaksikan tempat lokasi pekerjaan bengkel perawatan, tekhnik proses pekerjaan perawatan, spare part bagian kereta, hingga alat – alat perawatan yang digunakan.

Pendaftaran untuk acara open house masih dapat dilakukan melalui tautan pendaftaran https://goers.co/ohbymri24 atau langsung di lokasi dengan memindai barcode yang disediakan panitia.

“Tema HUT Ke-79 KAI adalah ‘Safety and Sustainability’. Open House Balai Yasa diharapkan dapat memberikan edukasi tentang bagaimana KAI secara detail melakukan perawatan dan perbaikan sarana kereta api untuk mendukung keamanan dan keselamatan perjalanan kereta api,” tambah Anne. 

Anne menjelaskan Balai Yasa Manggarai merupakan tempat bagi Insan KAI untuk menciptakan inovasi baru dalam sarana perkeretaapian, seperti Compartement Suite yang digunakan oleh para petinggi Kereta Api anggota ASEAN dalam event ARCEO 2024. Inovasi terbaru lainnya adalah transformasi kereta ekonomi dengan kursi tegak menjadi kereta ekonomi New Generation yang dilengkapi desain kursi ergonomis dan fitur pengatur kemiringan (reclining) yang dapat disesuaikan dengan arah perjalanan.

“Kami ingin memperkenalkan kepada masyarakat bahwa KAI memiliki Balai Yasa yang mencerminkan setiap aspek perawatan kereta api di KAI dilakukan dengan standar tertinggi. Ini adalah bentuk kampanye agar seluruh masyarakat merawat dan mencintai kereta api sebagai bagian dari sejarah Indonesia dan akan terus menjadi kebanggaan Bangsa,” tutup Anne.