HOLOPIS.COM, JAKARTA – Dua kapal di Pelabuhan Muara Baru, Dermaga Timur, terbakar pada Rabu (25/9). Dua kapal tersebut diarahkan menjauh dari Dermaga Timur, agar tidak merembet ke kapal lainnya yang tengah berlabuh.

Perwira Piket Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan, Yuli Sahroni mengatakan, kebakaran kapal tersebut terjadi sekitar pukul 12.30 WIB. 

Berdasarkan informasi yang dihimpun di lapangan kebakaran berasal dari Kapal Iwindow 288 jenis kapal angkut barang. Awalnya kapal tersebut tengah mengisi bahan bakar dari Kapal Tongkang Agung Cendana 1, setelah pengisian bahan bakar selesai, Kapal Iwindow 288 melanjutkan mengisi kebutuhan logistik. 

“Saat kapal Iwindow 288 menyalakan mesin, tiba-tiba ada percikan api, sehingga percikan merembet ke Kapal Tongkang Agung Cendana 1,” katanya saat dihubungi Holopis.com, Rabu (25/9). 

Hingga pukul 16.00 WIB, sebanyak 30 personil dengan enam unit pemadam masih melakukan pendinginan ke kedua kapal yang terbakar. 

“Dugaan sementara karena adanya fenomena listrik. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini,” terangnya. 

Akibat kebakaran tersebut, kerugian yang ditaksir mencapai Rp 2 miliar, dengan rincian kerugian Kapal Tongkang Agung Cendana 1 sebesar Rp 500 juta, dan sisanya kapal Iwindow 288 kerugianya mencapai Rp 1,5 miliar. 

“Kami selalu menghimbau kepada para ABK Kapal serta pemilik kapal untuk terus berhati-hati dalam aktivitas, sosialisasi pemadaman juga kami lakukan setiap satu minggu sekali,” pungkasnya.