HOLOPIS.COM, JAKARTA – Sebuah video yang memperlihatkan modus baru maling membobol kotak amal di sebuah masjid viral di media sosial. Dalam video yang diunggah oleh akun instagram @memomedsos pada hari Senin (23/9) tersebut terlihat seorang pria berjaket biru dengan logo Nike dan mengenakan peci hitam sedang beraksi di depan sebuah kotak amal.

“Aksi pencurian isi kotak amal masjid terekam CCTV,” tulis akun tersebut seperti dikutip oleh Holopis.com.

Dalam video terlihat hanya dengan bermodalkan satu gulung lakban berwarna hitam, maling tersebut dapat dengan mudah mengeluarkan uang-uang dari dalam kotak amal tersebut.

Uang kertas di dalam kotak terlihat menempel di lakban hitam yang dijulurkan melalui lubang kotak amal tersebut, sehingga mudah dikeluarkan dan kemudian dimasukkan ke dalam saku jaket maling itu.

Bila dilihat dari kondisi sang maling yang tenang saat mengambil uang di kotak amal, warganet langsung beranggapan bahwa maling ini bukan hanya kali ini melakukan aksinya, namun kemungkinan sudah sering ia lakukan.

“Kayaknya dia sering begitu, dari caranya udah ahli banget,” tulis komentar akun @ekooosapp.

Sangat jelas terekam oleh CCTV bagaimana cara maling itu mencuri uang dari dalam kotak amal, sehingga banyak netizen yang malah salah fokus dan merasa ini justru menjadi video tutorial atau video yang mengajarkan cara mengambil uang dari kotak amal.

“Makasih, min tutorialnya pas banget tanggal tua,” ujar akun @kadita9544.

“Makasih atas tutornya min.. Kita mantau lapak-lapaknya dulu yaa,” kata akun @coolio_cavalera.

Hingga kini belum diketahui lokasi kejadian tempat maling tersebut melakukan aksi pencurian uang amalnya.