JAKARTA, HOLOPIS.COM – Presiden Jokowi melakukan prosesi tabur bunga di sejumlah makam yang ada di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, dalam rangka memperingati Hari Pahlawan yang jatuh tepat pada hari ini, Senin (10/11).

Sejumlah makam yang ditaburi oleh Jokowi bersama rombongan pejabat lainnya tersebut mulai dari makam B.J. Habibie, Ainun Habibie, Taufiq Kiemas, Ani Yudhoyono, Umar Wirahadikusumah, Soedarmono, Adam Malik, para pahlawan revolusi, hingga pahlawan pangkat terendah dan pahlawan tak dikenal.

Sebelum melakukan prosesi tabur bunga, Jokowi bersama rombongan diketahui terlebih dahulu mengikuti upacara ziarah nasional

Rangkaian upacara dimulai dengan penghormatan kepada arwah pahlawan yang dipimpin oleh Komandan Upacara Kolonel Mar. Danuri. Dalam suasana hening, sirene kemudian dibunyikan selama satu menit untuk mengenang Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya. Presiden Joko Widodo selaku inspektur upacara selanjutnya memimpin prosesi mengheningkan cipta.

Kepala Negara kemudian meletakkan karangan bunga yang diikuti oleh pembacaan doa bagi arwah para pahlawan yang dipimpin oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Selanjutnya, komandan upacara memimpin penghormatan terakhir kepada arwah para pahlawan.

Sementara itu, dalam unggahannya di media sosial pribadi, Jokowi menyampaikan selamat Hari Pahlawan disertai gambar Bung Tomo dan tenaga kesehatan yang membawa Sang Merah Putih. Jokowi menyebut bahwa ujian zaman tak berkurang, tapi bangsa Indonesia makin kokoh bagaikan karang.

“Krisis, resesi, dan pandemi akan dapat kita lalui berkat para pejuang yang selalu hadir di semua palagan pengabdian saat dibutuhkan,” tulis Jokowi dalam media sosialnya.