Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024
NewsEkobizBI Ramal The Fed Bakal Pangkas Suku Bunga 3 Kali Tahun Ini

BI Ramal The Fed Bakal Pangkas Suku Bunga 3 Kali Tahun Ini

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Bank Indonesia (BI) memproyeksi bank sentral Amerika Serikat (AS), The Federal Reserve (The Fed) bakal menurunkan suku bunga acuannya atau Fed Fund Rate (FFR) sebanyak 3 kali di sisa tahun 2024 ini.

Hal itu sebagaimana disampaikan Gubernur BI, Perry Warjiyo dalam konferensi pers pengumuman hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI yang berlangsung pada 17-18 September 2024.

Perry menjelaskan, bahwa prakiraan tersebut berdasarkan hasil assessment dari proyeksi-proyeksi The Fed maupun juga analisis dari sejumlah pelaku pasar.

“Kami perkirakan bahwa fake Farid akan turun tiga kali tahun ini, dan tahun depan adalah 4 kali,” kata Perry dalam keterangannya, seperti dikutip Holopis.com, Rabu (18/9).

“Perkiraan kami dengan data terbaru ya, assesment terbaru kemungkinan-kemungkinan turunnya adalah September November dan Desember tahun ini, masing-masing 25 basis point,” sambungnya.

Dia lantas mengatakan, kemungkinan penurunan suku bunga The Fed pada September 2024 sebesar 25 basis poin cukup tinggi. Namun ia tidak menampik adanya kemungkinan penurunan bisa mencapai 50 basis poin.

“Kami terus meng-update itu (proyeksi suku bunga The Fed). Jadi ini yang tadi kami sampaikan dengan pergerakan pertumbuhan ekonomi tadi, dengan inflasi Amerika Serikat,” tegasnya.

Adapun sebagaimana diketahui, Bank Indonesia juga telah memutuskan untuk menurunkan suku bunga acuannya atau BI-Rate untuk bulan September 2024 sebesar 25 basis poin, menjadi 6 persen.

“Memutuskan untuk menurunkan BI-Rate sebesar 25 basis poin menjadi 6 persen,” kata Perry Warjiyo dalam konferensi pers yang sama.

Sejalan dengan itu, BI juga memutuskan untuk menurunkan suku bunga deposit facility sebesar 25 basis poin menjadi 5,25 persen, dan suku bunga landing facility menjadi 6,75 persen.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Tambah Sajian Kuliner, PT JMRB Resmi Hadirkan Gerai Eats and Co di Travoy Hub

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sebagai bentuk mendongkrak kebutuhan pengunjung dari...

Australia Hentikan Penyelidikan Antidumping Produk Nanas Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pemerintah Australia memutuskan untuk menghentikan penyelidikan...

IHSG Melesat Usai BI dan The Fed Turunkan Suku Bunga

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Sesi I hari ini, Kamis (19/9), melesat hingga berhasil tembus level resistance 7.900.

SRBI Makin Laku, Kepemilikannya Capai Rp 918,42 Triliun

Bank Indonesia (BI) mencatat kepemilikan Sekuritas Rupiah Bank Indonesia (SRBI) sampai dengan tanggal 17 September 2024 telah mencapai Rp 918,42 triliun.