Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

DKI Jakarta Sabet Juara Umum Eksebisi Teqball PON XXI Aceh-Sumut 2024, PP POTSI pun Siap Jaring Atlet untuk SEA Games 2025

HOLOPIS.COM, JAKARTA – DKI Jakarta berhasil keluar sebagai juara umum Eksebisi Teqball PON XXI Aceh-Sumut 2024. Seiring dengan hal itu pula, perhelatan PON jadi salah satu momentum untuk PP POTSI menjaring atlet yang dipersiapkan untuk SEA Games 2025 di Thailand.

Sebelumnya diketahui, pertandingan Eksebisi Teqball di PON XXI Aceh-Sumut 2024 baru saja selesai digelar, dimana laga berlangsung di GOR Serba Guna Jalan Pancing, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut), Senin (16/9).

Terkait prestasi-prestasi yang diraih di PON, Pengurus Pusat Persatuan Olahraga Teqball Seluruh Indonesia (PP POTSI) akan menjaring atlet-atlet Teqball potensial yang akan dipersiapkan untuk tampil pada SEA Games 2025 Thailand.

“Cabang olahraga Teqball sudah resmi dipertandingkan di SEA Games 2025 Thailand. Jadi, kita akan memanggil atlet-atlet potensial untuk dipersiapkan menjadi Timnas Teqball Indonesia,” kata Ketua Umum PP POTSI Jovinus Carolus Legawa dan Sekjen Susan Subekti yang mendampingi Sekjen Federasi Teqball Internasional (FITEQ) Vajda Laszlo yang menyaksikan pertandingan final, sebagaimana informasi yang dikutip Holopis.com.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Calvin itu pun menyebut bahwa selain mempersiapkan Timnas Teqball Indonesia ke SEA Games 2025 Thailand, Indonesia juga akan mengikuti Liga Teqball Regional untuk negara ASEAN yang didukung FITEQ.

Kepastian Teqball pada turnamen di SEA Games 2025 THailand dan adanya Liga Teqball Regional juga disampaikan Vajda Laszlo.

“Kita sudah menandatangani kontrak dengan otoritas olahraga Thailand terkait cabang olahraga Teqball dipertandingkan di SEA Games 2025 Thailand. Dan, Liga Teqball Regional juga akan diputar untuk negara ASEAN,” timpalnya.

Vajda Laszlo juga menyebut, Teqball akan dipertandingkan pada Asian Games 2026 Nagoya dan upaya FITEQ untuk memasukkan Teqball dalam pertandingan eksebisi pada Olimpiade.

“Asian Games 2026 Nagoyoa, FITEQ tinggal menandatangani aggrement saja. Sedangkan pertandingan eksebisi di Olimpiade 2028 Los Angeles sedang diperjuangkan. Kalau tidak bisa di Los Angeles diusahakan pada Olimpiade 2032 Brisbane,” ujanya.

Menurut Vajda Laszlo yang hadir sejak 13 September 2024 lalu di Medan, pertandingan eksebisi Teqball yang digelar PP POTSI cukup bagus. Begitu juga dengan kamampuan atlet-atlet Teqball dari 10 Provinsi yang tampil dan juga wasit-wasit yang bertugas.

“FITEQ akan terus membantu pengembangan dan peningkatan prestasi Teqball Indonesia. Kemampuan wasitnya juga akan kita tingkatkan melalui program penataran wasit internasional sehingga ke depan mereka bisa bertugas di event-event tingkat internasional,” jelasnya.

Pada pertandingan eksebisi ini, Tim Teqball DKI Jakarta merebut gelar juara umum dengan mengoleksi 2 emas dan 2 perak. Posisi kedua direbut Sumatera Barat dengan 2 emas, disusul Riau dengan 1 emas dan 1 perak, Jawa Timur dan Jawa Barat yang masing-masing merebut 1 perak dan 1 perunggu, Kalimantan Tengah dengan 2 perunggu, Nusa Tenggara Barat dengan 1 perunggu.

Daftar Peraih Medali Eksebisi Teqball PON XXI Aceh-Sumut 2024 :

Ganda Campuran :

  1. Pebi Saputra/Sumaya (Riau)
  2. Yoga Ardhika/Nurhidayah (DKI Jakarta)
  3. Rahmi/Sufiar (Kalimantan Tengah)

Tunggal Putri :

  1. Zikra Dwi Putri (Sumatera Barat)
  2. Sumaya (Riau)
  3. Herdinda Yuliarti (Jawa Timur)

Tunggal Putra :

  1. Yoga Ardhika (DKI Jakarta)
  2. Muhammad Ayub (Jawa Timur)
  3. Saepullah (Jawa Barat)

Ganda Putri :

  1. Rafika Sundari/Vivien Edi (Sumatera Barat)
  2. Dian/Nurhidayah (DKI Jakarta)
  3. Sri Wahyu Espayanti/Sufiar (Kalimantan Tengah)

Ganda Putra :

  1. Yoga Ardhika/Benidictus Setyoko (DKI Jakarta)
  2. Saepulloh/Rafli Fadlulrohman (Jawa Barat)
  3. Muhammad Azwar/Hidayatullah Humaini (Nusa Tenggara Barat)
Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Tim Homeless Indonesia Siap Tampil di HWC 2024 Korsel, Kemenpora Harap Ada Perbaikan Peringkat

Tim Homeless Indonesia siap tampil di kompetisi Homeless World Cup atau HWC 2024 Seoul, Korea Selatan. Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI pun berharap skuad Garuda bisa memperbaiki peringkat di ajang tersebut.

China Open 2024 : Fajar/Rian Lanjut ke Perempat Final, Leo/Bagas Keok

Indonesia kembali meloloskan satu wakil ke perempat final China Open 2024 atas nama Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dari ganda putra. Ada pun Leo Rolly Carnando/Bagas Maulana yang harus angkat koper dari dari kejuaraan usai kalah di 16 besar.

Update Klasemen Liga 1 Per Pekan ke-5 : Borneo FC Tetap Teratas

Borneo FC Samarinda tetap duduk di puncak klasemen Liga 1 dengan total 13 poin, diikuti oleh Persebaya Surabaya dan PSM Makassar di peringkat dua dan tiga.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru