Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Peringatan Gempa Megathrust, Ini 6 Langkah yang Bisa Diikuti

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Masyarakat Indonesia saat ini sedang dihebohkan kabar bahwa gempa megathrust diprediksi akan terjadi di Indonesia. Bahkan BMKG menyimpulkan gempa asal Jepang ini bisa memicu tsunami di Indonesia.

Banyak masyarakat Indonesia yang langsung kebingungan dan panik mendengan kabar tersebut. Agar mengurangi rasa panik dan meningkatkan kewaspadaan, berikut ini adalah cara merespons dengan benar saat mendengar peringatan yang bisa menyelamatkan hidup Sobat Holopis dan keluarga.

Tindakan Segera Setelah Peringatan Gempa

Jika berada di dalam ruangan, segera berlindung di bawah meja atau perabotan yang stabil. Lindungi kepala dan leher, sertam hindari berdiri di dekat jendela, cermin, atau benda berat yang dapat jatuh.

Jauhi bangunan, pohon, dan tiang listrik. Bergeraklah ke area terbuka yang aman.

Hentikan kendaraan di tempat aman, jauh dari jembatan, terowongan, atau bangunan. Tunggu hingga getaran berhenti sebelum melanjutkan perjalanan.

Siapkan Rencana Evakuasi Tsunami

Jika Sobat Holopis tinggal di daerah pesisir atau wilayah yang berpotensi terkena tsunami, ketahui jalur evakuasi dan titik kumpul yang telah ditetapkan.

Segera ikuti perintah untuk mengungsi ke tempat yang lebih tinggi jika peringatan tsunami dikeluarkan. Jangan menunggu atau merasa aman terlalu lama.

Bawa perlengkapan dasar seperti air, makanan, obat-obatan, dan dokumen penting. Gunakan tas darurat yang mudah dibawa.

Waspadai Setelah Gempa

Tak hanya sebelum gempat, Sobat Holopis harus tetap berhati-hati pasca gempa. Periksa kerusakan di rumah dengan hati-hati. Jika ada kebocoran gas atau listrik, matikan sumbernya dan keluar dari rumah jika perlu.

Ikuti berita dan informasi terbaru dari otoritas setempat melalui radio, televisi, atau aplikasi ponsel untuk mendapatkan update tentang kemungkinan tsunami dan instruksi lebih lanjut.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Jokowi Resmikan Jalan Tol Jogja Solo Segmen Kartasura-Klaten

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo...

Dompet Dhuafa dan Titimangsa Gelar Teater Musikal untuk Palestina Bertajuk Tanah Yang Terpenjara

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Gencar menyuarakan kemanusiaan bagi Palestina, Dompet...

Menhub Terima Penghargaan Tokoh Inspiratif Transportasi Inklusif Terintegrasi DTKJ Awards 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menerima...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru