Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Gerindra Mahakam Ulu Dorong Owena Mayang Shari Belawan Maju Pilkada 2024

HOLOPIS.COM, KALIMANTAN TIMUR – Salah satu langkah strategis Partai Gerindra dalam mengepakkan sayap di kawasan Mahakam Ulu memang serius. Apalagi jika melihat dari sejarah lahirnya Kabupaten Mahakam Ulu pada tahun 2013.

“Sebagai Kabupaten yang baru saja terbentuk, tentu saja sarana dan prasarana yang ada di daerah ini sangat minim dan jauh tertinggal,” tulis catatan DPD Gerindra Kalimantan Timur yang dikutip Holopis.com.

Namun dengan keterbatasan itu, ternyata tak membuat Partai Gerindra lemah. Justru hal itu menjadi penyemangat tersendiri dengan pembuktian bahwa mereka bisa besar dan berkembang. Sehingga pada saat itu, Gerindra Kalimantan Timur menunjuk seorang pengusaha sukses sekaligus putra asli Dayak dan tokoh pemekaran, yakni Bonifasius Belawan Geh untuk menjadi nakhoda di Gerindra Mahakam Ulu.

Singkat cerita, pada Pemilu 2014 lalu, Partai Gerindra mendapatkan 4 (empat) kursi di DPRD Kabupaten Mahakam Ulu. Situasi ini membuat Bonifasius Belawan Geh dipercaya menjadi Ketua DPRD Kabupaten Mahakam Ulu yang pertama.

Lantas dalam Pilkada yang diselenggarakan pada tahun 2015, Gerindra mampu membuktikan kemampuan dirinya dengan mendapatkan suara tertinggi. Di mana pasangan yang diusung yakni Bonifasius Belawan Geh dan Yohanes Juan Jenau mendapatkan suara tertinggi mengalahkan petahana, yakni MS Ruslan yang sebelumnya menjadi Pj Bupati Mahakam Ulu.

“Bonifasius Belawan Geh, SH dan Drs. Y. Juan Jenau (PDIP) terpilih sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kab. Mahakam Ulu mengalahkan pasangan petahana MS Ruslan, SH – Drs. Valentinus Tingang yang diusung oleh PKB dan PAN,” terangnya.

Tak sampai di situ saja, keberhasilan Partai Gerindra dalam mengelola perpolitikan di Kabupaten termuda di Kalimantan Timur tersebut juga terbukti dalam Pileg 2019 lalu. Di mana partai besutan Prabowo Subianto tersebut sukses menambah jumlah perolehan kursi di DPRD, dari sebelumnya 4 menjadi 9 kursi atau setara 45% jumlah kursi di DPRD Kabupaten Mahakam Ulu.

“Keberhasilan Bonifasius Belawan Geh memimpin Partai Gerindra di Hulu Mahakam ini menjadikan DPC Partai Gerindra Kab. Mahakam Ulu sebagai DPC dengan perolehan prosentasi tertinggi di Kalimantan Timur,” papar dalam catatan.

Pembuktian kepemimpinan yang baik dari sosok Bonifasius Belawan ini pun berlanjut hingga Pilkada 2020. Di mana dalam kontestasi politik elektoral tersebut, Bonifasius Belawan juga sukses mendulang suara tertinggi dan menjadi periodesasi kedua tokoh penggerak asal Dayak ini.

“Pada pemilukada 2020, berpasangan dengan Drs. Yohanes Avun (mantan sekda) dan diusung oleh koalisi partai Gerindra, Demokrat, Golkar dan PKB, Boni-Avun berhasil meraih kemenangan dengan perolehan suara sebesar 66,58%,” lanjutnya.

Melanjutkan Kesuksesan Boni

Sebagai salah satu upaya untuk melanjutkan kesuksesan Bonifasius Belawan di Kabupaten Mahakam Ulu, pada Pilkada 2024 ini Gerindra Kabupaten Mahulu mendorong agar trah Boni misa melanjutkan kepemimpinan di Kabupaten bekas pecahan dari Kabupaten Kutai Barat tersebut.

“Gerindra Kab. Mahakam Ulu bermaksud mengusung Owena Mayang Shari Belawan sebagai Bakal Calon Bupati berpasangan dengan Drs. Stanislaus Liah sebagai Bakal Calon Wakil Bupati Kab. Mahakam Ulu Periode 2024-2029,” terangnya.

Owena Mayang memang terbilang masih sangat muda. Usianya saat ini baru menginjak 27 tahun. Pun demikian, perempuan lulusan akuntan dari Universitas Atmajaya Yogyakarta ini sudah banyak berkecimpung dengan kegiatan sosial sejak lama. Bahkan ia tercatat pernah menjabat sebagai Ketua Karang Taruna periode 2022-2024.

Owena aktif di Karang Taruna di Kabupaten Mahakam Ulu, Kalimantan Timur.
Owena aktif di Karang Taruna di Kabupaten Mahakam Ulu, Kalimantan Timur.

Dalam kontestasi Pilkada Mahakam Ulu, Owena dipasangkan dengan Stanislaus Liah yang merupakan mantan Kepala Dinas Pendidikan dan juga Kepala Dinas Pariwisata di Kabupaten Kutai Barat. Stanis juga pernah menjabat sebagai Camat Long Pahangai, serta pernah menjabat sebagai Camat Long Bagun.

Pengalaman pria kelahiran Lamah 22 Desember 1955 ini akan menjadi penambah kepemimpinan pasangan Owenan dan Stanis dalam memimpin Kabupaten Mahakam Ulu untuk periodesasi 2024-2029 mendatang.

Dengan demikian, Partai Gerindra Mahulu pun memohon dukungan agar Prabowo Subianto memberikan restu atas pencalonan keduanya demi merawat kesuksesan partai berkepala burung garuda tersebut di Kabupaten Mahakam Ulu.

“Kami juga memohon do’a dan dukungan dari yang sangat kami hormati dan cintai Bapak Prabowo Subianto sebagai Ketua Umum DPP Partai Gerindra agar kiranya dapat merestui pasangan Owena Mayang Shari Belawan dan Drs. Stanislaus Liah sebagai Bakal Calon Bupati dan Bakal Calon Wakil Bupati Kab. Mahakam Ulu,” pungkas mereka.

owena dan stanis
Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Singgung Pemerintahan Dinasti, Ready Siap “Gulingkan” Petahana

HOLOPIS.COM, BALIKPAPAN - Tiba di Kantor Komisi Pemilihan Umum...

Klaim 70% Suara, Rahmat Mas,ud : Kami Incumbent

HOLOPIS.COM, BALIKPAPAN - Pasangan Rahmat Mas'ud - Bagus Susetyo...

Berkas Bacalon Balikpapan 1 Telah Masuk, Yudho : Kami Akan Periksa Kelengkapannya

HOLOPIS.COM, BALIKPAPAN - 3 pasang calon Wali kota dan...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru