Kamis, 19 September 2024
Kamis, 19 September 2024

IBA Klaim Petinju Imane Khelif dan Lin Yu-ting Benar Laki-laki!

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Asosiasi Tinju Internasional (IBA) buka suara perihal isu transgender yang mengaitkan petinju wanita Imane Khelif dan Lin Yu-ting di Olimpiade Paris 2024. Ketua IBA, Umar Kremlev pun menegaskan bahwa keduanya benar merupakan laki-laki.

Sebelum itu, perlu diketahui bersama bahwa mencuat isu mengenai transgender di cabang olahraga (cabor) tinju wanita Olimpiade Paris 2024.

Bermula dari mundurnya Angela Carini di babak 16 besar saat melawan Khelif, dimana alasannya karena Carini curiga bahwa pukulannya itu layaknya seorang pria.

Isu transgender pun mencuat, diperkuat lagi dengan riwayat sang petinju yang sebelumnya sempat didiskualifikasi ketika Kejuaraan Dunia Tinju tahun lalu, dimana Khelif didiskualifikasi IBA karena tak lolos tes gender.

Seiring dengan hal itu, Lin Yu-ting asal China Taipei pun ikut dikaitkan. Maka, keduanya dituduh sebagai transgender di Olimpiade Paris 2024.

Waktu terus berjalan, IBA kemudian muncul ke muka publik untuk meluruskan isu yang menjadi kontroversi tersebut.

“Tes menunjukkan mereka laki-laki. Kamu tidak memverifikasi apa yang ada di antara kedua kaki mereka. Kami tidak tahu apakah mereka dilahirkan seperti itu, atau apakah ada perubahan yang dilakukan,” ungkap Kremlev, seperti dikutip Holopis.com dari Daily Mail.

Lebih lanjut, IBA menyebut bahwa kedua atlet itu sudah diuji di Istanbul, Turki 2022 lalu. Kemudian diuji kembali pada 2023, dan hasilnya menunjukan bahwa Khelif dan Lin sama-sama berbeda dengan wanita lainnya.

“Tes kedua mengonfirmasi tes pertama. Jika ada orang yang ragu, rujuklah mereka. Mereka bisa melakukan tes sendiri,” tambahnya.

Terkait hal ini juga, Mantan Ketua Komite Medis IBA Ioannis Filippatos menegaskan kedua atlet memang mirip dengan laki-laki.

“Hasil medis, hasil darah, terlihat dan laboratorium mengatakan bahwa petinju ini adalah laki-laki. Masalahnya adalah kami melakukan dua pemeriksaan darah dengan kariotipe laki-laki, ini jawaban dari laboratorium,” ucap Ioannis.

Sebagai informasi tambahan, kini Imane Khelif dan Lin Yu-ting sendiri masih berjuang di Olimpiade Paris 2024, keduanya pun berhasil menjajaki semifinal dan telah memastikan medali perunggu.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Tim Homeless Indonesia Siap Tampil di HWC 2024 Korsel, Kemenpora Harap Ada Perbaikan Peringkat

Tim Homeless Indonesia siap tampil di kompetisi Homeless World Cup atau HWC 2024 Seoul, Korea Selatan. Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI pun berharap skuad Garuda bisa memperbaiki peringkat di ajang tersebut.

China Open 2024 : Fajar/Rian Lanjut ke Perempat Final, Leo/Bagas Keok

Indonesia kembali meloloskan satu wakil ke perempat final China Open 2024 atas nama Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dari ganda putra. Ada pun Leo Rolly Carnando/Bagas Maulana yang harus angkat koper dari dari kejuaraan usai kalah di 16 besar.

Update Klasemen Liga 1 Per Pekan ke-5 : Borneo FC Tetap Teratas

Borneo FC Samarinda tetap duduk di puncak klasemen Liga 1 dengan total 13 poin, diikuti oleh Persebaya Surabaya dan PSM Makassar di peringkat dua dan tiga.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru