JAKARTA, HOLOPIS.COMRatusan kota dan Kabupaten di Indonesia kembali mengalami peningkatan kasus harian positif Covid-19 dibanding beberapa waktu sebelumnya.

Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy mengungkapkan, jumlah tersebut bersamaan juga dengan penurunan di beberapa wilayah yang sebelumnya sempat mengalami kenaikan kasus positif harian.

“Kondisi saat ini secara aggregate, tadi disampaikan Kemenkes, angka nasional penularan terjadi penurunan tetapi ada 131 kabupaten dan kota yang mengalami tren naik di samping ada beberapa kabupaten kota juga mengalami penurunan,” ungkap Muhadjir dalam keterangan secara virtual, Senin (1/110).

Muhadjir kemudian kembali mengingatkan agar masyarakat jangan sampai lengah dengan kondisi yang secara umum terus mengalami penurunan tersebut. Dimana, salah satu antisipasi yang dilakukan adalah dengan peningkatan program vaksinasi baik dosis satu maupun dosis kedua.

“Walaupun penurunan penularan Covid-19 sudah bagus, tetapi kita juga harus terus waspada. Kemudian yang kedua vaksinasi akan dipercepat dengan target Desember 2021 untuk dosis kedua di atas 60 persen,” tukasnya.

Dalam rapat evaluasi yang telah dilakukan, pemerintah juga akan tetap mengingatkan penerapan protokol kesehatan yang ketat untuk perjalanan di dalam negeri dan di luar negeri demi mencegah penyebaran Covid.

“Kemudian PPKM harus deteksi lengkap dan sebisa mungkin dihindari penyekatan,” tambahnya.