Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024
NewsEkobizSri Mulyani Cs Pede Momentum Pertumbuhan Ekonomi RI Lanjut Terus

Sri Mulyani Cs Pede Momentum Pertumbuhan Ekonomi RI Lanjut Terus

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Keuangan (Menkeu) RI, Sri Mulyani Indrawati mengaku pihaknya di Komite Stabilitas SIstem Keuangan (KSSK) optimis dengan momentum pertumbuhan ekonomi Indonesia akan terus berlanjut.

Dalam konferensi pers, Ketua KSSK itu mengaku yakin perekonomian Indonesia pada kuartal II-2024 bakal tetap tumbuh di atas 5 persen. Hal itu tercermin dari kinerja ekonomi di kuartal I-2024 yang tetap terjaga positif.

“Pertumbuhan kuartal II-2024 kami perkirakan antara April-Juni yang sudah selesai akan tumbuh di 5 persen, atau sedikit di atas 5 persen yoy,” ujar Sri Mulyani, seperti dikutip Holopis.com, Jumat (2/8).

Menurut Bendahara negara tersebut, pertumbuhan ekonomi Indonesia sebagian besar ditopang oleh konsumsi rumah tangga dan investasi yang sejauh ini masih terjaga positif.

“Kita semua sudah tahu konsumsi masih terjaga dengan baik dan investasi mulai pickup,” kata dia.

Selain itu, ekspor barang yang masih meningkat juga menjadi pendorong perekonomian, hingga menjadi pendorong surplus neraca perdagangan yang diproyeksi bakal terus melanjutkan reli panjangnya.

“Ekspor kita untuk barang diperkirakan meningkat terutama ini kuartal II untuk ekspor produksi manufaktur dan ekspor pertambangan terutama kedua tujuan negara emerging market yang sekarang memuliki peran sangat besar yakni India dan China,” kata Menkeu.

Ke depannya, lanjut Sri Mulyani, KSSK melihat peningkatan aktivitas perekonomian domestik masih akan berlanjut hingga akhir tahun 2024 ini.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Tambah Sajian Kuliner, PT JMRB Resmi Hadirkan Gerai Eats and Co di Travoy Hub

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sebagai bentuk mendongkrak kebutuhan pengunjung dari...

Australia Hentikan Penyelidikan Antidumping Produk Nanas Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pemerintah Australia memutuskan untuk menghentikan penyelidikan...

IHSG Melesat Usai BI dan The Fed Turunkan Suku Bunga

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Sesi I hari ini, Kamis (19/9), melesat hingga berhasil tembus level resistance 7.900.

SRBI Makin Laku, Kepemilikannya Capai Rp 918,42 Triliun

Bank Indonesia (BI) mencatat kepemilikan Sekuritas Rupiah Bank Indonesia (SRBI) sampai dengan tanggal 17 September 2024 telah mencapai Rp 918,42 triliun.